Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Mudah Stres, Wanita Butuh Tidur Lebih Lama

Kompas.com - 04/04/2016, 20:02 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

KOMPAS.com – Kenyataannya, wanita memang paling sering bekerja yang sifatnya multitasking. Selain itu, menurut penelitian, otak wanita itu lebih kompleks ketimbang otak pria.

Profesor Jim Horne, Sleep Expert and Director of the Sleep Research Center di Loughborough University, mengatakan bahwa wanita membutuhkan tidur lebih lama, setidaknya 20 menit, karena sering mengerjakan multitask dan otak yang kompleks.

Dalam studi menganalisa 210 pria dan wanita usia paruh baya, para peneliti menemukan bahwa kurang tidur pada wanita menyebabkan stres tingkat tinggi dan depresi.

Edward Suarez, seorang asisten profesor sekaligus Ketua Penelitian di departemen psikolog dan perilaku manusia, mengatakan bahwa terjadi penemuan kontras pada pria dan wanita.

Kurang tidur pada pria, kata Suarez, tidak menyebabkan mereka stres dan depresi.

Kemudian, profesor Horne memberikan penjelasan lebih lanjut bahwa semakin banyak Anda memakai otak, maka semakin tinggi kebutuhan Anda untuk tidur lebih lama.

Alhasil, studi pun menegaskan bahwa pihak yang paling membutuhkan waktu tidur lebih lama adalah kaum wanita.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com