Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengakuan Model yang Dipaksa Diet hingga Tidak Menstruasi selama 3 Tahun

Kompas.com - 07/04/2016, 19:02 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com – Zuzanna Buchwald (28), seorang model yang telah berkarier selama belasan tahun di pentas mode dunia, tersedu-sedu dalam sebuah video bertajuk Real Women Real Stories.

Buchwald mengaku, dia dipaksa oleh agensinya untuk tidak makan, mengurangi masa otot tubuh, dan tidak boleh berolahraga.

Instruksi itu bertujuan agar Buchwald terus laris diperkerjakan sebagai model, baik model foto dan juga model fashion show.

Buchwald yang telah bekerja menjadi model untuk rumah mode papan atas, mulai dari Gucci, Prada, dan Versace, mengaku menderita untuk mempertahankan tubuh supaya luarbiasa kurus dengan tulang belulang yang menonjol.

“Dulu, aku memiliki tubuh yang atletis tetapi agensiku memaksaku untuk menghilangkan masa otot dengan tidak makan dan tidak berolahraga,” jelas Buchwald yang sekarang bermukim di New York, AS.

Pemaksaan tidak boleh makan sama sekali mengakibatkan Buchwald menderita aneroksia dan bulimia.

Buchwald mengaku bahwa dirinya sampai sekarang masih menyandang efek samping dari aneroksi dan bulimia tersebut.

“Aku menjadi lemah dan sedih setiap waktu. Aku tidak menstruasi selama tiga tahun. Aku punya masalah dengan kesehatan gigi. Warna kulitku menjadi kusam dan kering. Lalu, rambutku rontok. Semua itu benar-benar pengalaman yang buruk,” jelasnya mengenai dampak dari aneroksi dan bulimia bertahun-tahun.

Buchwald, awalnya merupakan seorang atlet profesional di kampong halamannya di Srem, Polandia, selama lima tahun.

Sedari kecil dia memang bermimpi ingin menjadi model. Oleh karena itu, dia pun mengejar mimpinya itu ke New York dan bergabung dengan agensi bernama Wilhelmina Models.

Wilhelimina Models merupakan agensi model yang menaungi Kendall Jenner, adik tiri Kim Kardashian, kali pertama menjajaki karier sebagai model.

Namun, Buchwald mengaku bukan Wilhelmina Models yang memaksanya menjalani diet ekstrim sampai tidak boleh makan dan olahraga.

“Selama ini aku memilih diam,” tulisnya di laman pribadi.

Buchwald mengungkap bahwa pengakuannya ini bukan mencari sensasi, melainkan ingin memberikan pandangan dan informasi pada wanita-wanita muda yang bercita-cita jadi model, untuk tidak mengikuti kebodohannya tersebut.

“Rahasia umum yang tidak dibicarakan di industri mode adalah jika ingin sukses, Anda memang harus superkurus, setidaknya ukuran baju Anda hanya 0 hingga 2,” paparnya.

Buchwald telah menjalani profesi model selama 14 tahun dan telah keliling dunia untuk melakukan pemotretan serta fashion show.

Terakhir, wanita cantik berambut pirang ini menyebutkan bahwa perlu waktu tahunan untuk akhirnya dia sembuh dari penyakit gangguan makan, bulimia dan aneroksia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com