Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/04/2016, 09:35 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Ketika Anita Roddick mendirikan perusahaan The Body Shop 40 tahun silam, Roddick ingin perusahaanya harus memiliki tujuan yang berbeda dengan perusahaan lain.

Tak sekedar berpikir meraup profit, Roddick yakin bisnis yang dibangunnya dapat membuat perubahan bagi dunia. 

Kini, di tahun 2016, meski Roddick telah tiada, dia telah meninggalkan sebuah perusahaan yang terus melakukan revolusi dengan berbagai pendekatan untuk  melindungi bumi, hewan, konsumen, dan karyawannya. 

Roddick berhasil membangun sebuah perusahaan yang memiliki branding positif di masyarakat. 

Komitmen The Body Shop tahun ini dilanjutkan dengan kampanye Enrich Not Exploit (I'ts in our hands) atau yang berarti Memperkarya Bukan Mengeksploitasi. 

Kampanye ini dilakukan dengan berkomitmen pada aspek 3P, yakni people , product, dan Planet.

Contoh nyata aplikasi aspek People adalah The Body Shop mengharuskan seluruh pegawainya di penjuru dunia untuk melakukan kerja sukarelawan untuk masyarakat minimal satu tahun sekali dengan totoal waktu 250.000 jam pertahun. 

Untuk aplikasi komitmen Product, The Body Shop memastikan 100 persen bahan alami yang digunakan berasal dari sumber lestari yang melindungi hutan dan habitat di sekitarnya, serta melakukan penjelasan lengkap terhadap bahan yang digunakan. 

Terakhir, pada komitmen Planet, The Body Shop sudah lama berkomitmen untuk menggunakan kemasan dari olahan limbah plastik dan mendaur ulang kemasannya sendiri.

Tahun depan, pihak The Body Shop Indonesia juga mengonfirmasi akan menggunakan kemasan dari gas metana yang dihasilkan dari peternakan sapi.

Selain itu, the Body Shop juga segera melakukan kampanye untuk pelestarian hutan Batang Toru di Sumatera Utara yang melupakan habitat hewan-hewan langka seperti orang utan, harimau, tapir, dan lainnya.

"Langkah perjalanan hidup kita tak dapat lepas dari kerusakan lingkungan dan kesenjangan sosial. Itulah mengapa kita harus memperkaya bumi, komunitas, dan negara kita, dan bukan malah mengeksploitasinya. Kami terus berharap agar kami dapat mendorong perubahan yang positif diatas bumi kita, di dalam komunitas kita, serta bagi Indonesia kita bersama," imbuh Suzy Hutomo, Executive Chairwoman The Body Shop Indonesia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com