Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pergelaran Busana Pesona Kain Tenun Baduy di Bentara Budaya Jakarta

Kompas.com - 11/04/2016, 16:36 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com — Sekitar pukul lima sore, para model wanita berusia paruh baya dari Komunitas Cinta Berkain (KCB) berlenggak-lenggok di panggung fashion show yang sengaja dibangun di tengah-tengah Bentara Budaya Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Para model wanita terlihat berjalan dengan anggun di atas panggung yang merupakan miniatur jembatan bambu, yaitu jembatan yang tersohor jika memasuki kawasan Baduy. 

Sejumlah anggota dari KCB ini memang hadir memeriahkan rangkaian acara Gerakan Rayakan Perbedaan Baduy Kembali yang salah satunya menampilkan peragaan busana untuk mempresentasikan keindahan ragam kain tenun buatan suku Baduy dalam dan luar.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Peragaan busana kain Baduy oleh Komunitas Cinta Berkain dalam rangkaian Rayakan Perbedaan Baduy Kembali di Bentara Budaya Jakarta, Jumat (8/4/2016). Kegiatan yang berlangsung hingga 10 April mendatang ini menampilkan kesenian musik budaya kolaborasi musisi modern dengan musisi Baduy, dan pameran seni Baduy.

Kain tenun yang ditampilkan terdiri dari berbagai motif dan warna yang indah. Para model memadumadankan kain tenun khas Baduy dengan busana atasan kebaya model kutu baru, lengkap dengan berbagai aksesori yang menonjolkan sisi etnis, sehingga memberi kesan tradisional modern. 

Kain tenun Baduy bukan sekadar menampilkan keindahan busana karya tangan-tangan penenun lokal Suku Baduy, melainkan juga identitas Baduy sebagai suku yang masih menjunjung tinggi adat serta khazanah lokal. 

Kain tenun Baduy ini juga dijual di pameran lokasi yang sama dan dibanderol dengan harga Rp 400.000.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Peragaan busana kain Baduy oleh Komunitas Cinta Berkain dalam rangkaian Gerakan Rayakan Perbedaan Baduy Kembali di Bentara Budaya Jakarta, Jumat (8/4/2016). Kegiatan yang berlangsung hingga 10 April mendatang menampilkan kesenian musik budaya kolaborasi musisi modern dengan musisi Baduy, dan pameran seni Baduy.

Selain di pameran, Anda juga dapat membeli langsung kain tenun tangan yang memakan waktu pembuatan satu minggu hingga enam bulan di daerah asal suku Baduy.

Dengan melakukan pembelian berarti Anda telah berkontribusi terhadap keberlangsungan ekonomi suku Baduy yang rata-rata menjajakan hasil bumi dan kerajinan tangan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com