Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Berhubungan Seksual

Kompas.com - 15/04/2016, 21:35 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

Sumber SELF

KOMPAS.com –- Idealnya, momen bercinta harus memberikan kenikmatan setara antara suami dan istri. Namun, kenyataannya tidak selalu berjalan sesuai harapan.

Menurut beberapa terapis dan pakar hubungan, banyak pasangan suami dan istri yang sering melakukan kesalahan dan tidak menyadari bahwa kebiasaan itu menyebabkan hubungan seksual berakhir tawar.

Berikut ini tiga kesalahan umum yang acap kali ketika sedang bercinta:

Kesalahan 1: Banyak pikiran saat bercinta

“Banyak klien wanita saya mengaku sering tidak menikmati seks karena banyak pikiran,” ujar Julie Bindeman, Psy.D., Co-Director di Integrative Therapy of Greater Washington.

Kesalahan ini umum terjadi pada para ibu muda yang memikirkan kondisi bayi ketika sedang berintimasi dengan suami.

Kesalahan 2: Enggan berinisiatif

Kekecewaan saat bercinta seringkali terjadi karena kenyaatan tak sesuai harapan dan keinginan. Oleh karena itu, jangan sungkan untuk menyampaikan, apa yang Anda inginkan secara seksual pada pasangan.

“Lebih baik, ketimbang menunggu pasangan memahami apa yang membuat Anda terangsang dan tidak pernah terjadi, coba sampaikanlah keinginan Anda,” jelas Jane Greer, Ph.D., seorang terapis seks dan pernikahan yang berbasis di New York, AS, dan penulis What About Me? Stop Selfishness From Ruining Your Relationship.

Kesalahan 3: Kurang mengekpresikan kasih sayang

Banyak wanita yang melalui hubungan seksual dengan pasangan berjalan hambar karena tidak merasa terkoneksi satu sama lain. Oleh karena itu, pakar menyarankan agar pasangan suami istri untuk sering mengucapkan sayang dan cinta secara verbal.

“Setiap hari, Anda harus mengatakan cinta pada pasangan dan memberikan pujian,” jelas Nikki Martinez, Psy.D, seorang terapis seks yang berbasis di Chicago.

Sebab, cara tersebut memberikan rasa hangat dan percaya diri pada pasangang saat Anda berdua tengah menikmati kemesraan di atas ranjang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com