Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita yang Miliki Anak pada Usia 20-an Berpenghasilan Lebih Kecil

Kompas.com - 20/04/2016, 11:02 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

KOMPAS.com — Lain waktu, ibu Anda merajuk dan meminta Anda untuk segera menikah, perlihatkan hasil studi yang dipublikasikan oleh PLOS ONE berikut ini.

Studi terbaru menyatakan bahwa memiliki anak pada usia 30 tahunan memberikan dampak positif terhadap kondisi finansial secara signifikan.

Penemuan studi ini berdasarkan data dari penghasilan dan jumlah anak dari 1,6 juta wanita Belanda, dari rentang waktu 1995 dan 2009.

Simak kesimpulan dari penemuan yang cukup melegakan untuk para wanita karier berusia 30 tahunan yang belum menikah dan memiliki anak:

  1. Wanita dengan gelar sarjana yang memiliki anak pada usia 31 tahun, mempunyai penghasilan jauh lebih tinggi ketimbang wanita yang belum punya anak.
  2. Wanita dengan gelar sarjana yang memiliki anak pada usia 25 tahun ke bawah ditemukan berpenghasilan lebih kecil. Pasalnya, mereka kehilangan dua tahun untuk mengejar karier dan penghasilan lebih baik.
  3. Wanita dengan yang memiliki anak pertama sebelum usia 28 tahun mempunyai penghasilan lebih kecil sepanjang karier ketimbang wanita yang baru punya anak pada usia 30 tahunan.
  4. Wanita yang tidak memiliki gelar sarjana dan mempunyai anak setelah usia 28 tahun berpenghasilan lebih kecil, tetapi mereka bermotivasi tinggi sehingga penghasilan mereka pun setara dengan wanita bergelar sarjana.

Namun, hasil studi ini bukan patokan solid karena penelitian hanya dilakukan oleh para wanita di Belanda. Sebab, menurut peneliti, demografi dan latar belakang seseorang lebih berpengaruh dalam mendongkrak motivasi untuk memiliki penghasilan lebih besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com