Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2016, 17:02 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

KOMPAS.com — Setiap orangtua tentunya ingin mengembangkan dan meningkatkan kemampuan anak pada masa tumbuh kembang. Tahukah Anda bahwa Anda adalah guru terbaik anak.

Jadi, pastikan melalui komunikasi yang baik dengan anak, Anda mengajarkan banyak hal kepada si kecil, salah satunya meningkatkan kegemaran membaca.

Sebab, membaca adalah hobi yang bermanfaat bagi segala usia. Namun, sayangnya, mengajarkan si kecil untuk punya hobi membaca bukanlah hal yang mudah.

Berikut empat cara merangsang daya tarik anak agar semangat membaca:

1. Buku tipis

Jangan langsung memaksa dan mengharapkan anak berminat membaca buku yang tebal. Awalnya, coba tawarkan buku tipis yang berisikan gambar-gambar menarik. Cara ini setidaknya dapat menarik minat anak untuk mulai membuka dan memperhatikan isi buku.

2. Biarkan si kecil membaca yang dia suka

Minta anak memilih buku yang dia suka, entah karena sampulnya yang menarik atau isi buku yang mayoritas gambar. Apa pun itu, biarkanlah. Sebab, tujuan Anda adalah mengembangkan dulu kegemarannya dalam membaca.

Selain untuk menumbuhkan minat, buku komik dan dongeng sebenarnya memliki perbendaharaan kata yang belum terlalu banyak dan lebih mudah dimengerti oleh anak-anak.

3. Jangan pernah menghukum anak dengan membaca

Buatlah kegiatan membaca sebagai aktivitas yang menyenangkan dalam memori anak. Jangan pernah menghukum anak Anda dengan cara menyuruhnya membaca.

Cara ini hanya akan membangun pikiran dan pengalaman yang tidak menyenangkan berkaitan dengan kegiatan membaca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com