Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mama Perlu Waspada, Bermain "Gadget" Sebabkan Anak Cepat Gelisah

Kompas.com - 26/04/2016, 09:05 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

Sumber BOLDSKY

                                      

KOMPAS.com - Belakangan ini, anak-anak di Indonesia sangat bergantung dengan gadget atau ponsel pintar. Permainan anak-anak zaman sekarang, jika dibandingkan generasi terdahulu, otomatis jauh berbeda.

Sebuah studi baru menjelaskan bahwa anak-anak yang terlalu sering bermain gadget, perilakunya cenderung lebih impulsif. Umumnya, perilaku impulsif bisa berubah tiba-tiba secara spontan dan mengakibatkan anak sering gelisah. 

Studi ini bertujuan untuk mengetahui berbagai dampak dari penggunaan gadget pada anaksecara general.  Fokus penelitian banyak memonitor soal pengaruh penggunaan gadget  terhadap anak-anak dalam jangka panjang. 

Dalam studi ini, peneliti juga mengamati seberapa banyak waktu yang dihabiskan anak-anak dalam penggunaan gadget dan seberapa tinggi tingkat ketergantungannya. 

Lalu, para peneliti mempelajari kondisi anak-anak dan menilai seberapa lama anak menunda penggunaan dalam memenuhi kepuasaan ingin bermain gawai atau gadget.

Hasilnya, anak-anak yang berlebihan bermain gadget terlihat lebih impulsif dibandingkan dengan anak-anak yang bermain secukupnya.

Studi ini juga menunjukkan bahwa dengan adanya gadget membuat anak ketergantungan untuk selalu memeriksa dan menggunakannya. Kegelisahan tersebut, lagi-lagi berujung pada perilaku impulsif. 

Perkenalan gadget kepada anak-anak memang diperlukan agar anak tersebut dapat menyesuaikan dirinya dengan perkembangan dunia.

Namun, kebebasan penggunaan gadget ini sendiri perlu perhatian dari orangtua, terutam harus memberikan batasan waktu bermain.

 

 

Read more at: http://www.boldsky.com/pregnancy-parenting/kids/2016/does-gadget-use-make-kids-impulsive-100270.html

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com