Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selang 5 Tahun, Gaun Pengantin Kate Middleton Dituduh Hasil Contekan

Kompas.com - 26/04/2016, 11:00 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

KOMPAS.com – Pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton lima tahun lalu, pada tanggal 29 April 2011 silam, merupakan upacara pernikahan yang paling ditunggu oleh Rakyat Inggris.

Gaun pengantin Kate Middleton dari rumah mode Alexander McQueen merupakan salah satu daya tarik yang paling menarik perhatian banyak orang.

Sekarang, seorang perancang bernama Christine Kendall menggugat kreatif direktur McQueen, Sarah Burton, telah menyontek sketsa miliknya sebagai inspirasi untuk merancang gaun Middleton, sang Duchess of Cambridge.

Namun, pihak McQueen mengklaim bahwa gugatan itu konyol dan tidak beralasan kuat.

Kendall mengaku, pernah mengirimkan sketsa gaun pengantin tersebut pada Kate di bulan November 2010 lalu, bahkan dia mendapatkan ucapan terima kasih dari pihak Kerajaan Inggris.

“Miss Catherine Middleton telah meminta saya untuk menulis surat balasan mengucapkan terima kasih atas skesta gaun pengantin. Miss Middleton tertarik untuk melihat lebih banyak karya Anda. Kami akan segera menghubungi Anda,” tulis surat yang diterima Kendall dari Kerajaan Inggris.

Anehnya, juru bicara dari pihak Kate Middleton mengatakan bahwa mereka tidak pernah menerima sketsa gaun dari Kendall.

Kendall mengungkapkan pada khalayak media di Inggris, tanpa skestanya, maka gaun pengantin Kate tidak akan tercipta secantik yang dia kenakan di hari pernikahannya tersebut.

Upaya Kendall dalam memperjuangkan hak cipta kreativitasnya ini tidak main-main, dia bahkan telah secara resmi memasukan tuntutan hukum kepada pengadilan hak paten di London, Intellectual Property Enterprise Court.

Tim pengacara Kendall menegaskan bahwa tuntutan tersebut bukan ditujukan kepada Kate Middleton, melainkan kepada Burton.  

“Kami benar-benar terkejut dengan tuntutan ini,” tulis pernyataan media dari Kering, perusahaan induk yang menaungi Alexander McQueen.

Pihak Kering menguraikan bahwa sebelumnya, lebih kurang empat tahun lalu, Kendall pernah mengajukan keberatan dan mengaku bahwa mereka telah menduplikasi sketsa gaun pengantinnya.

 “Sarah Burton tidak pernah bertemu dengan Kendall dan tidak pernah melihat sketsa gaun pengantin karya Kendall. Sebelumnya, 13 bulan setelah royal wedding pernah menghubungi kami. Sekarang, kami tidak tahu kenapa dia mengungkit persoalan ini. Namun, kami tegaskan, tidak ada tapi, tuduhan ini benar-benar konyol,” pungkas mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com