Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rahasia untuk Selalu Didengarkan Saat Rapat Kantor

Kompas.com - 27/04/2016, 16:05 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com  Apakah Anda sering frustrasi lantaran pendapat Anda seperti tak dihargai karena tak ada orang yang mendengarkan masukan Anda saat rapat atau berkumpul bersama sahabat? Ternyata, ada satu trik yang patut Anda praktikkan, yakni menurunkan nada suara Anda. 

Trik tersebut dibuktikan lewat penelitian dari University of Illinois, University of British Colombia, dan Harvard yang menemukan bahwa suara yang memberikan kesan tegas dan berkuasa biasanya menarik perhatian orang untuk mendengarkan Anda.

Penelitian ini dilakukan dengan eksperimen terhadap 274 responden yang diminta untuk mendengarkan kalimat yang sama, tetapi dibuat dengan beragam tingkat kedalaman suara.

Berdasarkan eksperimen tersebut, penelitian menemukan bahwa suara yang berat dianggap lebih berpengaruh, lebih kuat, dan lebih mendominasi.

"Hal yang menarik dari penelitian ini adalah sekarang kita tahu bahwa manusia menggunakan suara mereka untuk menyatakan status mereka. Sebelumnya, kita lebih banyak berfokus pada postur tubuh dan mengabaikan suara. Namun, studi ini menyatakan bahwa suara sangat menarik dan sangat efektif untuk menjadi penghubung status komunikasi yang dinamis," ujar Joey Cheng, peneliti dari University of Illinois.

Jadi, mulai sekarang latihlah nada suara Anda agar dapat menjadi lebih berat supaya lain kali ketika Anda berbicara, semua orang memperhatikan Anda.

Anda bisa melatih suara untuk memberikan kesan tegas, tetapi pastikan bahwa suara itu jangan dibuat-buat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com