Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/04/2016, 19:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com -- Manusia tidak dapat menghindar proses penuaan, mulai dari kulit keriput, kapasitas memori menurun, dan masih banyak lagi.

Ternyata, menurut survei, wanita lebih cepat menua dengan kehadiran rambut beruban, dibandingkan kaum pria.

Menurut surve yang dilakukan oleh Crown Clinic di Manchaster, Inggris, terhadap 1000 orang tersebut, ditemukan, ternyata wanita mulai beruban saat usia 33 tahun. Sementara itu, pria mulai beruban saat usia 34 tahun.

Tak sampi di sana, efek yang disebabkan oleh rambut beruban ternyata membuat wanita tampak lebih tua enam tahun dari usia sebenarnya. Lalu, pada pria, mereka hanya nampak lebih tua tiga tahun saat rambut beruban.

Oleh karena itu, banyak wanita tak suka ketika rambutnya mulai memutih.

Sejumlah 74 persen responden wanita mengatakan bahwa mereka langsung mewarnai rambut ketika tahu mulai tumbuh uban.

Kondisi itu nerbeda dengan pria yang justru menerima lapang dada tumbuhnya uban.

Sebab, hanya 31 persen pria yang mencabut ubannya yang mulai tumbuh. Uniknya, para pria justru lebih takut botak ketimbang beruban.

"Lebih dari 60 persen dari kita memiliki uban saat usia 40 dan tak ada keraguan jika uban adalah faktor paling signifikan dari proses penuaan. Inilah mengapa 75 persen wanita langsung mencat rambut. Kemudian, pria lebih santai karena pla kebotakan merupakan faktor penuaan yang lebih signifikan di pria," ujar Asim Shahmalak, pemilik Crown Clinic.

Tak heran pria beruban seperti George Clooney dan Matt Le Blanc bangga memperlihatkan rambutnya yang telah kelabu, wanita menganggap mereka semakin seksi ketimbang pria yang rambutnya menipis di bagian tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com