Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/05/2016, 10:35 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Cuti melahirkan bukan hanya penting bagi ibu, melainkan juga bagi ayah. Banyak keuntungan yang akan didapat saat anak yang baru lahir memiliki kedekatan yang erat dengan kedua orangtuanya.

Hal tersebut terlihat pada hasil penelitian terbaru dari Studi dari Oxford University. Para peneliti melakukan penelitian terhadap 192 keluarga yang baru memilik anak.Aktivitas ayah dan ibu direkam oleh para pakar, termasuk saat mereka sedang berinteraksi bersama anak pada berbagai situasi yang berbeda, misalnya, saat merawat atau bermain bersama anak.

Kemudian, peneliti juga melakukan tes psikologi pada orangtua dan meneliti pola tingkah laku anak. Apakah anak nampak rewel, tak patuh, memiliki emosi tinggi, atau bahkan agresif dengan memukul serta menggigit? 

Hasil dari penelitian nantinya untuk mengetahui bahwa apakah bayi laki-laki berusia di bawah tiga bulan yang banyak berinteraksi dengan ayahnya, serta menjalin hubungan yang kuat, ternyata lebih memiliki sikap yang tenang dan bahagia saat berusia satu tahun.

Sementara itu, pada bayi laki-laki di bawah tiga bulan yang jarang berinteraksi dengan ayahnya atau sang ayah nampak seperti sibuk dengan pikiran sendiri tak mempedulikan anak, maka anak akan menunjukkan sikap yang buruk, yakni agresif, temperamental, dan sebagainya.

 Studi tidak mengelaborasi untuk mengetahui apakah sikap buruk tersebut akan terus dibawa oleh anak di masa mendatang atau hanya berhenti di usia satu tahun.

Namun yang pasti, studi membuktikan bahwa jalinan emosional antara anak dan ayah sebelum usia satu tahun terbukti berpengaruh signifikan pada fase tumbuh kembang anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com