Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/05/2016, 13:35 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

Sumber Parenting

 

KOMPAS.com – Pada masa digital seperti sekarang, melepaskan diri dari adiksi pada ponsel pintar memang hal yang sangat sulit. Namun, untuk masa depan anak, ada baiknya para ibu milenium menyediakan waktu rehat dari internet dan gadget.

Pasalnya, menurut penelitian, ibu yang sering bermain ponsel pintar saat bersama anak, menyebabkan anak sulit berkonsentrasi dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Studi menyimpulkan anak yang memiliki perilaku menutup diri dari lingkungan sosial dan cenderung sulit untuk menjaga komunikasi, memiliki ibu yang “rajin” main ponsel pintar ketika si anak masih berusia balita.

Penelitian yang dipimpin oleh Chen Yu dari University of California, mempelajari perilaku ibu dan anak yang fokus memperhatikan satu objek lebih dari 3,6 detik.

Ternyata, ketika pandangan ibu telah berpindah pada objek lain, anak masih memperhatikan objek yang sama 2,3 detik lebih lama.

Lalu, apa pentingnya 2,3 detik tersebut? Ternyata sangat penting, terutama ketika hal ini berjadi berulang-ulang kali.

Sebab, akumulasi waktu anak yang hanya memperhatikan satu objek rentan mengalami hambatan perkembangan mental dan emosional. Lalu, anak pun akan kehilangan banyak waktu untuk belajar berkomunikasi nyata dengan orangtua dan orang-orang terdekatnya.

“Anak yang kesulitan menjaga komunikasi merupakan indikator kuat mereka mengalami susah berbahasa, tidak mampu menyelesaikan masalah, dan masalah perkembangan kognitif lainnya. Semua itu baru akan terjadi ketika anak bersekolah,” ujar Chen Yu.

“Pengasuh dan orangtua yang perhatiannya mudah terganggu karena asyik main gadget ketika sedang bersama anak-anak, menyebabkan si kecil terbiasa kurang perhatian dan menggangu perkembangan sosialisasinya,” urainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Parenting
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com