Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Ribu Wanita Jepang Terobsesi Miliki Tubuh Kurus

Kompas.com - 01/05/2016, 21:29 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

KOMPAS.com – Tekanan sosial untuk selalu terlihat menarik dan cantik telah membahayakan kehidupan wanita muda di Jepang.

Pasalnya, sejumlah besar wanita di Negara Sakura tersebut rela melakukan apapun demi memperoleh tubuh langsing, tanpa memikirkan risiko yang bakal terjadi di masa depan.

Terbukti, menurut data departemen kesehatan Jepang membeberkan, lebih kurang 10.000 wanita Jepang alami gangguan makan, bulimia dan aneroksia, pada tahun 2014 silam. Angka tersebut terus meningkat di tahun 2016.

Alasan utama mereka yang mengaku sedang dan pernah menderita bulimia dan aneroksia adalah ingin memiliki tubuh kurus.

Namun, kabarnya, jumlah penderita gangguan makan akibat diet berlebihan di Jepang lebih banyak. Sebab, tidak sedikit wanita yang tidak mau mengakui bahwa mereka sengaja menderita gangguan makan demi tubuh langsing.

Salah satu wanita Jepang bernama Motoko, mengatakan pada BBC, bahwa dia benci dengan tubuhnya yang gemuk. Pasalnya, semenjak kecil, dia selalu dicela dan dijadikan olokan oleh teman-teman sebayanya.

“Aku benci gemuk. Teman-temanku sering mempermalukanku karena tubuhku. Jadi, aku memang selalu ingin mengubah bentuk tubuhku,” ungkap Motoko.

Motoko mengaku sudah mengalami gangguan makan semenjak usia 16 tahun. Dia terobsesi menjadi kurus sehingga selalu menghitung jumlah kalori yang dia konsumsi sehari-hari.

Alhasil, dalam beberapa tahun, tubuh Motoko pun kurus drastis. Namun, orangtuanya mengaku tidak banyak berkomentar mengenai perubahan tubuhnya dan sama sekali tidak menolongnya mencari bantuan.

“Mereka bersikap negatif mengenai apa yang aku alami. Saat aku berusaha minta pertolongan ke dokter, mereka justru menganggap itu ide buruk. Sekarang, ibuku merasa bersalah dan ayahku menyalahkan ibuku,” urainya.

Menurut Dr Aya Nishizono-Mahe dari Japan Society for Eating Disorder, kondisi Motoko menjadi begitu lazim terlihat pada wanita-wanita muda Jepang.

“Para orangtua melihat anak yang memuntahkan makanan sebagai perilaku memalukan. Mereka merasa harus menyembunyikan kondisi itu. Orangtua melihat kondisi tersebut sebatas anak yang menyia-nyiakan makanan, tapi kondisinya lebih buruk dari itu,” jelas Dr Nishizono-Mahe.

Wakil Direktur dari Departmen Kesehatan Jepang, Takanobu Matzusaki, mengatakan bahwa pemerintah telah memiliki program untuk menangani fenomena terobsesi tubuh kurus atau langsing yang terjadi pada wanita-wanita Jepang.

“Kami ingin mensosialisasikan kesadaran pada orang-orang yang mengalami gangguan makan. Kami mengadakan simposium publik dan merilis informasi di situs resmi kami mengenai program yang kami tawarkan,” jelas Matzusaki.

“Kami ingin menciptakan sistem pada warga lokal untuk menyadari orang-orang bulimia dan aneroksia di sekitar mereka,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com