Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/05/2016, 09:35 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com — Bekerja delapan jam sehari dengan rutinitas itu-itu saja membuat hidup terasa monoton. Jangan biarkan itu terjadi, hidup Anda perlu warna lain yang bisa Anda peroleh dari mengembangkan ide dan proses kreatif.

Kreativitas, menurut Yoris Sebastian, penulis buku Creative Junkies, entepreneur, dan founder OMG Creative Consulting, selain bawaan lahir, juga dapat Anda bentuk sendiri. 

Sebab, syarat memiliki bakat kreatif, menurut Yoris, seseorang harus menyukai suatu bidang terlebih dahulu.

"Terus banyak baca tentang kreativitas dan kemudian mulai mencoba hal-hal kecil," ujar Yoris yang ditemui di acara peluncuran NESCAFE Dolce Gusto Oblo di Mall Lotte Shopping Avenue, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Mantan general manager termuda di Hard Rock Cafe se-Asia ini menyarankan untuk melatih kegiatan yang mengandalkan otak sebelah kanan.

"Sulitnya itu kita terjebak rutinitas, datang ke kantor jamnya sama, jalan rutenya sama, kerjaan sama, pergi sama teman yang sama. Rutinitas itu membuat psikis menolak saat mau melakukan hal yang berbeda," ungkap Yoris.

Yoris menganjurkan, ada baiknya membuat variasi dalam hidup sehingga membuat pekerjaan juga menjadi lebih kreatif dan dapat menciptakan inovasi-inovasi baru.

"Kreativitas, menurut saya, ada boksnya, ada batasannya. Contohnya, kalau saya buat konsep kreatif untuk perusahaan satu dengan yang lain pasti beda, ada boks atau batasannya, tetapi jangan sampai sebelum kita berpikir kreatif sudah membatasi diri sendiri," ungkap Yoris.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com