Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/05/2016, 14:29 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Eric Kayser masih berusia muda saat memutuskan untuk menjadi pembuat roti. Di usia 19 tahun, Kayser bergabung dalam Tour de France dan berguru pada para pembuat roti terbaik negaranya.

Lalu, pada usia 24 tahun, Kayser menjadi pengajar di Institut National de la Boulangerie Patisserie, Perancis.

Akhirnya, pada tahun 1996, Kayser mendirikan pastry shop yang berlokasi di jalan Rue Monge, Paris. 

Seiring waktu, butik Kayser telah tersebar di 100 kota pada 15 negara.

Kemahsyuran Kayser merupakan cerita nyata seorang yang mendulang sukses berkat bakat, didukung usaha dan juga minat mendalam terhadap suatu hobi kreatif.

Bakat Kayser membuat roti diwarisi secara turun menurun dari keluarganya.

"Sama seperti pekerjaan lainnya kita harus senang dan cinta dengan pekerjaan itu. Untuk bisa membuat roti dengan baik, bisa dipelajari selama enam bulan, tetapi untuk dapat menjadi baker yang andal dibutuhkan waktu bertahun-tahun," ungkap Eric Kayser mengeani rasa cinta terhadap dunia roti pada Kompas Female saat peluncuran Eric Kayser Le Restaurant Du Boulanger di Plaza Indonesia, Selasa (3/5/2016) kemarin. 

Kayser mengatakan, ada tiga kunci sukses membangun kafe roti, cake, kopi, sekaligus restoran miliknya, yakni dengan pemilihan bahan yang tepat, pelatihan sumber daya di negera setempat yang mumpuni, dan pemilihan partner bisnis yang baik.

Di Indonesia, ada lima cabang kafe roti Eric Kayser Le Restaurant Du Boulanger, yakni di Plaza senayan, Lippo Mall puri, Plaza Indonesia, Gandaria City, dan kawasan Kedubes Perancis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com