Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Muda kok Sudah Ubanan, Apa yang Terjadi?

Kompas.com - 05/05/2016, 16:00 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com - Anda memiliki uban di usia yang masih muda? Pastinya Anda panik karena khawatir rambut mengalami kondisi penuaan dini.  Jangan panik, Anda bukan satu-satunya wanita berusia muda yang telah memiliki uban.

Uban yang adalah rambut yang berwarna putih dan identik dengan usia tua. Namun, jangan khawatir, uban dapat dicegah, tergantung pada kebiasaan Anda dan bagaimana Anda merawat rambut.

Terkadang, uban yang ada pada rambut, memang disebabkan oleh sebuah hormon yang ada pada tubuh atau bisa dikatakan seperti keturunan. Namun, hal lainnya juga dapat menimbulkan adanya rambut bewarna putih ini. 

"Uban bisa terjadi karena hormon, tapi rata-rata uban banyak terjadi karena bahan kimia. Namun, warna rambut itukan melanin, produksi melanin bisa terpengaruhi ketika rambut kita sering terjadi proses pewarnaan, diluruskan, atau di curly, rambut itu lama kelamaan akan menjadi rusak. Hal itu mempengaruhi juga kondisi kulit kepala," ujar Sitoresmi, Education Manager Kérastase Indonesia, pada acara Roundtable Discussion and Treatment dari Densifiqe, hari Rabu (4/5/2016) kemarin.

Pada dasarnya uban datang tak selalu karena hormon yang Anda miliki, tapi disebabkan oleh produksi melanin yang sudah berkurang.

Oleh karena itu, demi mencegah datangnya uban, Anda tentunya harus rajin merawat rambut.

Lalu, hindarilah treatment yang merusak rambut atau tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

 

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com