Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Berhijab Jangan Kenakan Jilbab Saat Rambut Masih Basah

Kompas.com - 05/05/2016, 19:02 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com -- Wanita berhijab terutama yang baru menggunakannya seringkali menghadapi masalah pada rambutnya. Sebab, rambut yang terutup rapat sehingga kadang terjadi kelembaban.

Rambut, saat memakai jilbab tentunya sudah tak terlihat karena tertutup rapat, tapi tetap harus diperhatikan juga kesehatannya agar tak timbul masalah rambut lainnya. 

"Pasti tantangan untuk wanita yang berhijab adalah kulit kepalanya yang tadinya tidak bermasalah jadi bermasalah. Pertama-tama yang harus diperhatikan adalah bahan kerudung yang digunakan, pastikan bahannya yang menyerap keringat dan tidak panas di kulit kepala," ujar Sitoresmi, Education Manager Kérastase Indonesia, kepada Kompas.com saat acara Roundtabel & Treatment Densique, Jakarta, Rabu (4/5/2016) kemarin.

Lalu, Sitoresmi mengingatkan, pemilihan bahan kerudung sangat penting. Sebab, bahan yang panas membuat keringat tidak terserap. Nantinya, dapat membuat kulit menjadi sensitif dan timbul masalah. 

Sitoresmi menambahkan, selain memilih bahan yang tidak panas, usahakan juga rambut sudah kering sebelum dilindungi menutupinya dengan jilbab.

Anda bisa mengeringkan rambut dengan hairdryer  dalam suhu panas maupun dingin atau berangin.

Benar-benar pastikan bahwa rambut sudah kering sebelum ditutup jilbab. 

Sebab, mengenakan jilbab dalam kondisi rambut belum kering akan menimbulkan sejumlah masalah, misalnya jerawat dan kulit kepala sensitif.

Nah, apabila kulit kepala dan rambut terlanjur sensitif, Sitoresmi menyarankan, agar menggunakan serum yang bisa menenangkan kulit dan juga menghilangkan iritasi.

Rambut yang seharian penuh ditutupi jilbab akan tetap indah dan cantik, asalkan Anda menjaga dan merawatnya dengan tepat. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com