Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Atur Waktu Tidur Si Kecil Saat Liburan?

Kompas.com - 06/05/2016, 10:35 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

Sumber Parenting

 

KOMPAS.com — Tantangan membawa anak yang masih bayi berlibur adalah mengatur waktu tidur si kecil. Perbedaan waktu, terutama perbedaan yang signifikan, otomatis mengganggu waktu tidur buah hati Anda.

Selain itu, suasana kamar hotel yang berbeda dari kamar di rumah juga menjadi penyebab bayi susah tidur.

Nah, supaya waktu liburan tetap berkesan dan bayi tidak mengalami gangguan tidur, berikut beberapa kiat yang bisa Anda terapkan pada akhir pekan yang panjang seperti sekarang:

1. Tetap sesuaikan jadwal tidur siang dan malam si kecil sama seperti di rumah. Jangan lupa membawa mainan kesukaan anak agar tak rewel saat di perjalanan.

2. Anda juga bisa ajak si kecil bermain di luar ruangan pada siang hari, tetapi tak lupa juga harus tetap tidur siang. Malam harinya, pastikan sang buah hati mendapatkan istirahat yang cukup.

3. Membuat tempat yang nyaman untuk si kecil saat di perjalanan. Apabila Anda menggunakan mobil, Anda bisa tambahkan kasur empuk di atas jok untuk memberikan kenyamanan ekstra sehingga anak dapat tidur lebih nyaman selama di perjalanan.

4. Jauhkan anak dari bunyi bising mesin mobil, radio bervolume tinggi, dan klakson mobil yang berlebihan. Anda bisa menyalakan bunyi pengantar tidur dari aplikasi ponsel.

5. Atur rencana perjalanan setiap hari dengan saksama. Sebab, setidaknya si kecil butuh tidur di tempat yang nyaman, baik itu di kasur yang disediakan di dalam mobil maupun dalam kamar hotel. Setidaknya dalam satu hari, si kecil harus tidur di tempat yang baik agar selalu nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com