Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Menikah di Luar Negeri dengan Biaya Masuk Akal

Kompas.com - 07/05/2016, 01:39 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Punya mimpi menikah di luar negeri? Pernikahan ala barat yang simpel memang terbilang lebih praktis, ketimbang pernikahan khas Indonesia yang sesuai adat dan tradisi.

Namun, apakah menikah di luar negeri juga membutuhkan dana besar seperti menggelar pesat pernikahan di dalam negeri? Mungkin ya, mungkin tidak, semua tergantung dengan konsep pernikahan Anda.

Berikut ini beberapa kiat menikah di luar negeri dengan anggaran yang masuk akal:

1. Lakukan riset

Jika Anda sudah memiliki target utama yang Anda inginkan, Anda harus membuat daftar harga. Perlu diingat juga bahwa ketika Anda melakukan riset dan pencarian, harga tersebut bisa berbeda sewaktu-waktu. Selain itu, Anda juga harus menggali banyak informasi dari pengalaman pasangan lain yang telah mengadakan acara pernikahan di tempat yang Anda inginkan. 

2. Mencari wedding planner yang tepat

Menggunakan wedding planner akan memudahkan Anda dalam mempersiapkan hari pernikahan. Memang benar, pilihan ini bisa saja mahal, tetapi tak selalu begitu karena wedding planner biasanya memiliki tawaran menarik perihal katering, dekor, ataupun busana yang dipakai untuk acara pernikahan Anda. 

3. Gunakan pembayaran internasional

Jika Anda ingin acara pernikahan berlangsung di luar negeri, bisa dipastikan Anda perlu mengirimkan uang ke negara tujuan. Dengan adanya biaya transaksi dari bank untuk tiap pengiriman, dalam sekejap biaya bisa berlipat ganda. Nah, untuk mengurangi pengeluaran, pakailah servis dengan spesialisasi pembayaran Internasional.

4. Anggaran keadaan darurat

Lokasi pernikahan yang jauh, Anda pun harus antisipasi jika menghadapi keadaan darurat. Setidaknya dengan biaya mahal, diri Anda dan juga barang pernikahan yang Anda bawa, mendapatkan perlindungan asuransi.

 5. Pastikan pernikahan Anda sah secara hukum

Pastikan juga pernikahan Anda sah secara hukum. Caranya, periksa dokumen-dokumen sudah ditandatangani dan jangan sampai ada yang tertinggal. Jika Anda mengalami kesulitan, berkonsultasilah dengan perusahaan yang memiliki keahlian dalam menangani pernikahan di luar negeri. Mereka dapat menjelaskan dan menuntun proses yang harus Anda lalui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com