Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/05/2016, 20:35 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Waktu tidur sudah tiba tapi Anda masih punya sedikit pekerjaan yang tersisa.

Apakah Anda bertahan dua jam lagi untuk menyelesaikannya atau memutuskan untuk melanjutkan di keesokan harinya? Ingat, meski hanya satu atau dua jam saja, kurang tidur dapat berakibat serius.

Ini adalah lima alasan mengapa orang-orang yang paling produktif dan pintar tidur lebih awal:

1. Anda sulit mengingat ketika capek

Kuantitas dan kualitas tidur Anda berperan penting dalam kemampuan untuk mempelajari informasi baru. Kurang tidur dapat menganggu fokus, perhatian dan memori bekerja Anda, yang berarti Anda harus melakukan tugas tersebut berulang kali dan mungkin membuat lebih banyak kesalahan sepele.

2. Mood Anda bisa jadi tidak stabil

Riset menunjukan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan Anda mudah marah. Dalam jangka waktu lebih lama, hal ini juga dapat menyebabkan masalah psikologi yang lebih serius seperti depresi dan anxiety disorders.

3. Kurang Tidur Menganggu Kemampuan Mengambil Keputusan

Sebuah studi di tahun 2007 dalam jurnal Sleep menemukan bahwa kurang tidur mengurangi penilaian moral Anda. Partisipan menunjukan kesulitan saat dihadapi oleh dilema moral dan waktu respon dalam memutuskan lebih lambat.

4. Efisiensi Anda turun ketika ngantuk

Sulit untuk sadar sepenuhnya dalam situasi yang membutuhkan konsentrasi tinggi ketika Anda kurang tidur. Riset memperkirakan bahwa orang-orang yang kurang tidur merugikan perusahaan sebanyak 11,3 hari karena kurangnya produktivitas.

5. Capek mengurangi kemampuan Anda dalam menghadapi stres

Kurangnya tidur berpengaruh besar pada kekuatan mental Anda. Hasil penelitian menunjukan bahwa kehilangan tidur, walaupun hanya beberapa jam, berakibat pada kemampuan untuk menanganin stres dan situasi yang negatif.

Oleh karena itu, usahakanlah untuk tidur setidaknya 7 atau 8 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com