Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Pengemis Anak di Filipina Berhasil Raih Gelar Sarjana

Kompas.com - 09/05/2016, 20:01 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

Sumber Nextshark

KOMPAS.com – Seorang fotografer aktivis kemanusiaan, Rick Rocamora, melalui karyanya telah berhasil mengubah kehidupan seorang anak perempuan tuna wisma menjadi jauh lebih baik dan menjanjikan di masa depan.

Beberapa waktu lalu, Rocamora bertandang ke Filipina untuk memotret kehidupan jalanan di Manila, Filipina.

Pekerjaan tersebut memperkenalkan Rocamora kepada Rodallie Mosende, seorang anak perempuan yang hidup di jalan dan memperoleh makanan sisa dari orang asing serta sampah restoran.

Semangat Mosende untuk belajar dan membaca di mana saja menginspirasi Rocamora untuk mengikuti keseharian anak perempuan yang semenjak kecil mencari uang sebagai pengemis di jalan Paterno, Quiapo, Manila, tersebut.

Jepretan lensa kamera Rocamora yang dramatis dalam mengabadikan kesulitan hidup Mosende, telah menyentuh sejumlah hati baik di dunia, sehingga mereka pun mengulurkan tangan dengan memberikan sumbangan secara anonim kepada Mosende.

Salah satu donatur, akhirnya benar-benar mengubah kehidupan Mosende. Sebab, donatur anonim tersebut secara rutin memberikan santunan padanya dan biaya edukasi setiap bulan.

Alhasil, Mosende pun akhirnya memiliki kesempatan yang dia dambakan sejak lama, yakni sekolah dan memiliki akses ke sejumlah buku pendidikan.

Ternyata, selama bersekolah dan sibuk sebagai pelajar, Mosende meluangkan waktu untuk mengajar anak-anak tuna wisma lainnya. Mosende ingin ilmu yang dia peroleh, bisa dibagikan pada anak-anak lain yang senasib dengannya.

Selain bersekolah, Mosende juga bekerja sebagai tukang sapu jalanan, untuk mendapatkan uang makan dan minum.

NEXTSHARK.COM Rodallie Mosende saat hari kelulusan di Lyceum University.

Usaha dan kerja keras Mosende pun berbuah manis. Pasalnya, dua minggu lalu, Mosende berhasil meraih gelar sarjana dari Lyceum University, jurusan hospitality management. Sebuah pencapaian yang terasa mustahil untuk Mosende, sebelum bertemu dengan Rocamora.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Nextshark
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com