Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Panjang Kesetaraan Etnis di Industri Mode

Kompas.com - 12/05/2016, 20:02 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

KOMPAS.com – Berdasarkan laporan terbaru, peluang kerja untuk model wanita di industri mode dunia, sebanyak 78,2 persen iklan mempekerjakan model wanita kulit putih. Lalu, secara lebih merinci, sebanyak 8,3 persen iklan memilih menampilkan model wanita kulit hitam, empat persen wanita Asia, dan 3,8 persen wanita hispanik.

Lalu, presentasi model wanita kulit hitam yang masih rendah tersebut sebenarnya peningkatan ketimbang tahun 2015 silam.

Keseluruhan data ini dirilis oleh The Fashion Spot yang melakukan survei terhadap 236 iklan mode dan 422 model.

“Berita baiknya adalah telah terlihat adanya keragaman etnis. Namun, berita buruknya adalah perjuangan kesetaraan masih menjadi perjalanan yang panjang,” jelas Jennifer Davidson, Managing Editor dari The Fashion Spot kepada New York Post.

Kesetaraan yang ragam masih menjadi topik hangat di industri mode. Namun, angin segar terus terjadi pada sejumlah pergelaran busana yang telah memperlihatkan komposisi model dari berbagai etnis.

Perancang seperti Nasir Mazhar, Hood by Air, Kanye West’s Yeezy Line, dan Zac Posen, merupakan sejumlah perancang busana dunia yang selalu menghadirkan model wanita dari etnis yang berbeda-beda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com