Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Berkulit Putih, Banyak Wanita Indonesia Justru Jadi Belang

Kompas.com - 14/05/2016, 06:43 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com — Cantik itu tak harus berkulit putih dan bertubuh langsing. Namun, sayangnya, banyak wanita Indonesia termakan dengan standar kecantikan yang diciptakan oleh iklan dari media massa.

Menurut seorang penata rias yang telah berkarya selama 10 tahun, Husein Yunior, yang ditemui pada acara pameran potret kecantikan Dare the Rose, banyak wanita Indonesia yang justru terlihat aneh karena berusaha untuk tampil berkulit cerah.

"Kalau lihat di mal banyak wanita yang salah beli foundation yang lebih putih. Wajahnya jadi terlihat belang, lebih putih dari lehernya karena pada iklan disebut putih itu cantik," ungkap Husein.

Dia menjelaskan bahwa sebenarnya semua wanita cantik dengan warna kulit aslinya sendiri. "Untuk wanita Indonesia yang kulitnya gelap jangan malu karena kulit gelap lebih eksotis dan seksi," ujar Husein.

Kecantikan wanita, menurut Husein, memiliki tiga kunci, yakni percaya diri, kulit yang dirawat dengan baik, serta aplikasi produk rias wajah yang tepat.

Bagi wanita yang berkulit cenderung gelap, Husein menyarankan untuk menghindari penggunaan kosmetik dengan nuansa merah muda. Sebagai gantinya, pilihlah warna peach, nude, atau merah.

Jika wanita Barat berlomba memiliki kulit coklat seperti wanita Indonesia, memang benar kata Husein. Namun, agak aneh ketika wanita Indonesia tidak percaya diri dan bersyukur dengan kulit sawo matang eksotis alaminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com