Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2016, 15:58 WIB
Silvita Agmasari,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Sumber Dailymail

KOMPAS.com--Depresi pasca persalinan atau dikenal pula dengan sebutan Postpatrum Depression selama ini masih sangat tabu dibicarakan.

Padahal, gangguan emosional yang menyerang ibu pasca melahirkan ini sangat berbahaya. Efek terburuk apabila depresi pasca persalinan ini tak diatasi, sang ibu dapat mecoba bunuh diri lantaran tak sanggup lagi menahan depresi.

Survei di Amerika Serikat oleh PRAMS research menemukan bahwa setiap tahunnya, 950.000 wanita di AS menderita depresi pasca melahirkan. Angkat itu belum terhitung dari jumlah wanita yang malu mengaku mengalami depresi pasca persalinan.

Aktris Hollywood, Hayden Panettiere (26), baru-baru ini mengaku jika dirinya mengalami depresi pasca persalinan dan sedang menjalani perawatan untuk mengatasi hal tersebut.

"Depresi pasca persalinan telah mempengaruhi semua aspek pada kehidupanku, daripada tetap terjebak dalam sistem yang tak sehat, aku memilih untuk mengatasinya secara holistik kesehatan dan kehidupanku. Doakan aku!" tulis Panettiere pada akun Twitternya.

Tak seperti wanita kebanyakan, menurut Panettiere gangguan depresinya tak perlu disembunyikan karena rasa malu yang ditimbulkan stigma masyarakat.

"Kau tak mengerti apa yang kau bicarakan. Jika kau berpikir sekelebat saja bahwa ibu ingin merasa seperti itu ke anaknya, kau gila. Ini adalah penyakit yang melelahkan, menakutkan, dan membuatmu merasa bersalah," ujar aktris yang terkenal lewat serial Heroes.

"Ibu tak dapat terhubung dengan anaknya, tak sanggup untuk menggendong anaknya, tak tahu apa yang terjadi, dan semua orang berkata itu palsu atau dibuat-buat oleh kami. Otakmu harus diperiksa," ungkap Panettiere yang melahirkan putrinya 17 bulan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com