Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2016, 21:05 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Anda mungkin sudah memiliki banyak alasan untuk berhubungan seks. Namun, alasan yang satu ini dapat membuat Anda semakin semangat untuk melakukannya dengan pasangan. Ternyata, seks dapat membuat kulit Anda tampak lebih muda.

Eric Marlowe Garrison, seorang seksologis forensik dan klinik, menjelaskan bahwa seks dapat membuat darah Anda mengalir dan menciptakan penampilan yang lebih muda.

Orang-orang berbicara mengenai wajah yang berseri pasca seks. Itu adalah hasil dari peraliran darah yang lebih lancar.

Dikenal sebagai rona orgasme, darah yang mengalir lebih lancar tersebut juga meningkatkan oksigen dalam sistem tubuh yang berarti produksi kolagen yang juga meningkat. Kolagen ini sangatlah vital dalam menjaga agar kulit tetap awet muda dan lentur.

Garrison lalu mengatakan, “Aku bertemu dengan banyak klien yang berusia lanjut. Mereka yang berhubungan seks secara reguler terlihat lebih muda,".

Dia juga mengatakan bahwa tanda-tanda seks dan masturbasi yang reguler adalah kulit yang berseri, bersinar dan tampak lebih muda.

Dengan kata lain, orgasme bisa disebut sebagai serum anti-aging yang paling menyenangkan.

Kemudian, menurut dermatologis Elizabeth Tanzi, pendiri dan direktur Capital Lazer and Skin Care, seks juga dapat mengurangi inflamasi, misalnya jerawat.

“Ini sangatlah simpel, seks mengurangi stres yang berarti turunnya hormon stres dalam tubuh. Hal ini membantu mengurangi inflamasi,” ujarnya.

Namun, bagaimana kalau Anda tidak memiliki pasangan untuk berhubungan seks? Garrison mengatakan bahwa masturbasi bisa memberikan efek yang sama.

“Dengan hanya 20 menit saja, seks dapat memberik efek baik pada tubuh. Kita semua adalah mahluk seksual yang berarti semua orang memiliki kesempatan untuk mendapat manfaat seks,” imbuh Garrison. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com