Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Milenium Tidak Sembarang Belanja Tas Tangan

Kompas.com - 18/05/2016, 11:02 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

Sumber WWD

KOMPAS.com – Tren tas besar (oversized bags) dan tas tangan (handbag) terus mendominasi penjualan paling laris di industri mode.

Namun, untuk generasi milenium, membeli tas tangan, tidak asal bagus dan mahal. Pasalnya, menurut studi dari NPD Group, generasi milenium sangat serius ketika memilih tas tangan, bahkan lebih serius dari seorang pecinta otomotif saat membeli mobil seri baru.

Studi melaporkan bahwa generasi milenium memiliki strategi dan tahapan dalam memilih tas tangan baru. Sebanyak 41 persen mengaku, mereka memikirkan tas tangan keluaran terbaru selama satu bulan, sebelum benar-benar membelinya.

NPD Group bekerjasama dengan Stylitics, perusahaan teknologi mode dan kreatif, untuk mempelajari perilaku konsumen mode, terutama lini tas tangan.

Peneliti mengamati isi lemari dan cara berpikir generasi milenium terhadap sebuah tren tas tangan yang populer dalam satu musim.

Mereka ingin mengetahui apa yang menjadi kebutuhan, aspirasi, inspirasi, dan dorongan generasi milenium dalam membeli tas tangan.

Hasilnya, wanita berusia 18 dan lebih di Amerika Serikat, bersedia menggelontorkan uang sebesar 11,5 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 1,6 triliun untuk belanja tas tangan dalam satu tahun selama 2014.

Penjualan tas tangan meningkat lima persen pada tahun 2014, dengan mayoritas konsumen berasal dari generasi Baby Boomers. Sementara itu, penjualan tas tangan hanya menanjak dua persen dengan pangsa pasar generasi milenium.

“Generasi milenium punya gaya belanja tas tangan yang sangat berbeda dengan generasi pendahulunya,” jelas Rohan Deuskar, CEO dan Founder dari Stylistics.

Harga dan label, kata Deuskar, tidak selalu menjadi pertimbangan para generasi milenium.

“Mereka (generasi milenium) bersedia meluangkan waktu untuk mencari tas tangan yang unik, material berkualitas, dan bagaimana cara itu tas tersebut diproduksi,” jelasnya.

Penemuan ini, sebut Deuskar, telah membuka mata para distributor dan retailer tas dalam merencanakan strategi pemasaran untuk koleksi terbaru.

Lalu, apa yang sebenarnya dicari pecinta mode dari generasi milenium dalam suatu tas tangan terbaru?

Studi menemukan, mereka lebih menyukai tas tangan dengan detil yang nyentrik, fokus pada kualitas, dan difrensiasi gaya rancang.

Harga mahal, reputasi label, dan popularitas, berdasarkan laporan studi, sama sekali tidak mendorong hasrat belanja para generasi milenium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com