Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2016, 19:35 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Siapa sih yang tidak kenal Youtube? Situs ini adalah tempat tujuan ketika mencari berbagai macam konten video, mulai dari kucing yang lucu hingga seminar edukasi seperti TED.

Dengan pengguna sebanyak satu miliar, setidaknya ada satu dari tiga pengguna internet yang menikmati Youtube setiap harinya.

Menurut Niken Sasmaya, Team Lead Youtube untuk Southeast Asia dan Australia, sebanyak 40 persen pengguna Youtube adalah wanita.

Namun, sangat disayangkan dari segi pengisian konten, Youtube masih didominasi pria. Sasmaya mengatakan, banyak wanita yang masih malu-malu, kurang percaya diri dan takut dinilai oleh orang lain.

Hanya empat wanita yang berhasil mengumpulkan 100.000 subscribers dan mendapat penghargaan Silver Play Button dari Youtube, yaitu Raisa, Han Yoo Ra, Natasha Farani dan Rachel Goddard.

Sementara itu, Raditya Dika adalah satu-satunya creator Indonesia dengan satu juta subcriber.

Ditemui di sesi bincang-bincang dan kelas make up bersama Youtube yang berjudul You Too Can Youtube kemarin di Midtown, Jakarta, Selasa (17/05/2016); Sasmaya menjelaskan, “Dari segi yang kita lihat, di 50 sampai 100 ribu, female creators itu banyak banget, growing-nya cepet banget, tapi ketika sudah di atas 100 ribu masih didominasi sama male creators.”

Oleh karena itu, di hari Kartini kemarin, Google meluncurkan forum Women 2.0: Wanita & Teknologi.

Sasmaya mengatakan, “kita ingin meng-empower lebih banyak lagi female creator di Indonesia. Karena di Indonesia itu, Youtube ingin create the same opportunity between male and female.”

Mengundang tiga wanita yang berhasil meraih sukses di Youtube: Vindy Augustie, Linda Kayhz dan Minyo33; Youtube berbagi trik dan inspirasi untuk menjadi seorang female creator.

Untuk ke depannya, Youtube akan membuat program  khusus untuk wanita Indonesia. “Hopefully within this year,” imbuh Sasmaya,

“Jadi, di situ kita akan ngajarin cara editing, cara production, [dan] scriptwriting yang bagus itu bagaimana... Supaya mereka bisa buat konten yang diminati banyak orang," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com