Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Produk Kecantikan yang Tidak Boleh Anda Gunakan di Wajah

Kompas.com - 22/05/2016, 18:19 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

KOMPAS.com – Mungkin Anda ingin mengemukan inovasi. Anda ingin menjadi kreatif. Anda berinisiatif untuk melakukan sejumlah hal yang di luar jangkauan pikiran manusia pada umumnya.

Apapun tujuan Anda dalam meningkatkan kecantikan diri, pastikan jangan memulaskan atau mengaplikasikan lima produk berikut ini pada wajah Anda.

Menurut Dr. David Colbert, M.D., seorang cosmetic dermatologist di Newa York, AS, ada lima produk kecantikan yang jangan pernah Anda pulaskan pada kulit wajah. Berikut paparannya:

Hair spray

Ada sebuah kiat kecantikan untuk membuat riasan wajah tahan lama, maka semprotkanlah hair spray ke wajah. Faktanya, cara tersebut benar-benar salah dan sangat berbahaya.

Sebab, hair spray mengandung alkohol dan pernis yang bisa membuat kulit wajah kering dan terlihat lebih tua dari usia Anda yang sesungguhnya. Selain itu, hair spray banyak mengandung bahan kimia yang bisa membuat kulit wajah iritasi, ruam-ruam, dan bengkak.

Deodoran

Deodoran bermanfaat untuk mengurangi produksi keringat di bawah ketiak dan mencegah terjadinya aroma kurang sedap. Namun, bukan berarti produk ini juga fungsional untuk mencegah wajah berkeringat.

Mengaplikasikan deodoran pada wajah membuat kulit Anda kekurangan oksigen dan kering.

Losion tubuh

Mungkin Anda mengalami hari yang buruk di mana pelembab wajah habis dan Anda tidak memiliki banyak waktu untuk lari ke supermarket membeli produk yang baru. Anda pun memutuskan untuk memulaskan pelembab kulit tubuh atau losion tubuh ke wajah.

Bisa dipastikan keputusan Anda ini sangat salah. Salah besar malah. Sebab, losion tubuh diciptakan dengan kandungan yang disesuaikan dengan kulit tubuh yang lebih tebal dan tidak terlalu sensitif, sedangkan kulit wajah itu lebih tipis dan sangat peka.

Mayones

Sekarang, banyak sekali ramuan Do It Yourself (DIY) untuk rambut mengandung mayones karena bermanfaat dalam menghidrasi rambut Anda. Namun, ini bukan ide yang baik untuk kulit wajah Anda.

Sebab, kandungan mayones yang terlalu asam dan oklusif dapat menutup pori-pori kulit wajah sehingga sulit untuk bernapas. Jadi, jangan coba-coba.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com