Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/05/2016, 10:37 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com  Entah sejak kapan membaca buku menjadi kegiatan wanita, mungkin semenjak Oprah Book Club menjadi populer.

Namun, di Amerika Serikat, telah bermunculan klub membaca buku khusus untuk pria yang merindukan bau lembaran kertas bertinta, tetapi masih malu bila dianggap feminin.

Dengan nama yang sangat maskulin, seperti “Man Book Club” atau Klub Buku Pria dan “International Ultra Manly Book Club” yang berarti Klub Buku Ultra Jantan Internasional, mereka memastikan bahwa tidak akan ada wanita yang salah masuk ke klub ini.

Pada awal bulan ini, surat kabar terkemuka The New York Times mengirimkan seorang reporter wanita bernama Jennifer Miller untuk menyelidiki kegiatan Man Book Club dan International Ultra Manly Book Club.

Berkat Miller, kini Anda pun bisa tahu apa yang pria lakukan untuk membaca buku dengan jantan.

Berusia 9 tahun, Man Book Club beranggotakan 16 pria berusia sekitar 50 tahun yang beberapa dari mereka bekerja sebagai insinyur dan pengacara.

Walaupun memiliki perbedaan profesi, mereka semua memiliki satu kesamaan, yaitu suka membaca buku.

Sambil membaca, mereka akan berpesta dan makan besar, tetapi tidak sembarang makanan tentunya.

Tuan rumah yang mengundang diharuskan menyediakan makanan berdasarkan buku hari ini. Dalam pertemuan yang didatangi The New York Times ini, delapan jenis makan malam Perancis dihidangkan untuk menemani “Tropic of Cancer” oleh Henry Miller.

Ada satu aturan yang menonjol dan menjadi esensi dari Man Book Club ini. Pendiri klub, Andrew McCullough, berkata, “Kita tidak membaca chick lit (chick literature atau literatur untuk wanita), tokoh utamanya tidak boleh wanita.”

Kebalikan dari Man Book Club, International Ultra Manly Book Club tidak terlalu suka mengadakan acara makan-makan.

Salah satu anggotanya, John Creager, berkomentar bahwa jika ada anggota yang membawa makanan ke pertemuan, biasanya mereka “jantan - seperti, pedas.”

Pertemuan International Ultra Manly Book Club biasanya bertujuan untuk mengeksplorasi arti menjadi seorang pria melalui literatur, seperti Abraham Lincoln: Vampire Hunter oleh Seth Graham Smith dan Rabbit, Run oleh John Updike.

Klub ini juga memberikan penilaian dari buku yang mereka baca. Sistem 5 bintang untuk kualitas secara keseluruhan dan sistem 5 granat untuk kejantanan.

Gilead oleh Marilynne Robinson, misalnya, mendapatkan 4,5 bintang dan 3 granat.

Di samping itu, mereka juga merilis daftar buku yang selalu diperbarui. Salah satu contohnya yaitu “100 Buku Paling Top untuk Semua Pria”.

Walaupun International Ultra Manly Book Club tidak anti-protagonis wanita, mereka melarang merekomendasikan buku yang dibaca oleh ibu mereka.

Creager berkata, “Kita pernah mengalami satu kecelakaan. Kita membaca Water for Elephants. Itu adalah kesalahan besar.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com