Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/05/2016, 20:47 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Pernikahan merupakan jenjang selanjutnya saat kita ingin mempunyai hubungan yang lebih serius. Oleh karena itu, pernikahan bukanlah hal mudah. Namun sebagai pasangan kita harus tetap saling menjaga dan menghargai satu sama lain agar pernikahan ini dapat berjalan untuk waktu yang lama hingga maut yang memisahkan.

Untuk menjaga hubungan baik dengan pasangan dan menjadi seorang istri yang lebih baik lagi, Anda harus menjadi seorang pendengar yang baik juga.

"Poin penting untuk menjadi seorang istri yang baik adalah istri yang mau banyak mendengarkan," ujar Nana Gerhana, M.Psi., Psikolog kepada Kompas.com, saat ditemui dibilangan Jakarta Pusat, Kamis lalu (19/5/2016).

Nana menambahkan bahwa ketika Anda sudah sah menjadi seorang istri, Anda harus memahami dengan baik bagaimana kondisi pasangan kita. Sebab, jika seorang istri tidak memahami atau tidak memerhatikan sang suami, kebanyakan dari suami akan beralih ke hal yang lain, seperti halnya berselingkuh.

Tentunya, Anda tidak mau perselingkuhan terjadi pada hubungan Anda. Oleh karena itu, seperti yang diungkapkan Nana, sebagai istri yang terpenting adalah kepedulian terhadap sang suami. Jika Anda banyak mendengarkan, akan timbul kedekatan emosi dan kelekatan psikologi antara Anda dan pasangan.

Semua orang membutuhkan orang lain untuk mendengarkan keluh kesahnya, butuh didengar, dan butuh mengeluarkan apa yang dirasakannya. Untuk itu, usahakan agar pasangan Anda hanya mau bercerita dengan Anda tanpa harus memiliki perbincangan yang lebih intim dengan orang lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com