Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/05/2016, 06:56 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.COM -- Aalto University School of Science and Oxford University, Finlandia, baru saja mempublikasikan hasil penelitian mereka yang sangat menyedihkan.

Ternyata, Anda mulai kehilangan teman lebih awal dari yang Anda perkirakan, yaitu di usia 25.

Menurut para peneliti dari Departemen Psikologi Eksperimental ini, lingkaran pertemanan seseorang akan terus bertumbuh hingga usia 25 dan dari situ akan mulai mengecil, selamanya.

Penelitian yang diadakan di tahun 2007 ini melibatkan sejarah telepon dari 3,2 juta responden di satu operator Eropa.

Mereka menemukan bahwa rata-rata wanita berusia 25 tahun menelpon 17,5 orang setiap bulannya dan pria berusia sama menelpon 19 orang.

Namun, ketika mereka mencapai usia 39 tahun, angka ini menurun menjadi 15 untuk wanita dan 12 untuk pria.

Lalu, para peneliti juga memperkirakan bahwa tingginya angka sebelum usia 25 disebabkan oleh fase yang mereka sebut sebagai “social sampling” atau percobaan sosial.

Mereka menulis, “Individu-individu ini mengeksplorasi kesempatan (baik pertemanan maupun pasangan reproduksi) yang tersedia untuk mereka sebelum memutuskan untuk bersama dengan orang-orang yang dinilai paling optimal atau paling berharga.”

Kabar baiknya adalah, begitu Anda mencapai usia 80, lingkaran pertemanan Anda akan menjadi stabil dengan 8 teman untuk wanita dan 6 untuk pria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com