Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Khawatir, Hubungan Anda Masih Bisa Diperbaiki

Kompas.com - 25/05/2016, 14:37 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com - Ketika Anda menjalani sebuah hubungan dalam jangka panjang, pastinya ada lika-liku yang Anda rasakan bersama pasangan. Terkadang, perilaku-perilaku negatif akan muncul tanpa disadari, misalnya saling membohongi, mengkhianati, atau hal-hal lain yang dapat membuat Anda dan pasangan menderita.

Namun, tidak perlu khawatir, karena hubungan Anda masih bisa diperbaiki.

"Anda tidak ditakdirkan untuk berpisah karena Anda menghadapi masalah tertentu," kata Samantha Burns, seorang konselor kesehatan mental dan hubungan.

Dia melanjutkan, "ada isu-isu tertentu yang lebih menantang untuk diatasi, tapi keberhasilan atau kegagalan hubungan ditentukan oleh bagaimana Anda mengatasi masalah tersebut."

Berikut adalah tanda-tanda hubungan Anda masih bisa diperbaiki:

Anda dan pasangan tetap bersama sebagai tim

Terlepas dari siapa yang lebih berkontribusi dalam masalah ini, pasangan yang sukses menghadapi rintangan ini sebagai sebuah tim.

Anda dan pasangan sama-sama bertanggung jawab

Memang bukan kesalahan Anda jika pasangan berselingkuh. Namun, Anda harus melihat faktor apa saja yang mempengaruhi. Mungkin pasangan memiliki masalah dalam berkomitmen, atau Anda yang dingin secara emosional.

"Mengambil tanggung jawab untuk jarak dan jurang dalam hubungan adalah kunci bagi pasangan untuk membuat dan menentukan masa depan baru yang lebih berkomitmen dan kuat bersama-sama," kata Burns.

Anda tidak pernah kehilangan rasa cinta

Alasan beberapa orang untuk tetap bertahan adalah karena masih cinta, dan hal ini mengalahkan segalanya. Jika Anda dan pasangan masih saling mencintai, maka masih ada kesempatan untuk bertahan, walaupun kesalahan yang terjadi sangatlah menghancuran.

Anda berdua ingin pernikahan ini berhasil

"Jika Anda sudah mencoba secara sekeras mungkin untuk mengatasi penolakan dan perlawanan dari pasangan, tapi dia tidak mau bertanggung jawab atas tindakannya, menolak untuk mengubah atau menginvestasikan energi untuk menemukan solusi, dan tidak bersedia untuk pergi ke terapi, mungkin sudah saatnya Anda meninggalkan dia, "kata Burns.

Walaupun hampir semua masalah bisa diselesaikan, namun ada beberapa masalah  yang tidak dapat diperbaiki, diantaranya adalah kekerasan dalam rumah tangga, baik fisik maupun psikis, yang tidak boleh ditoleransi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com