Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peneliti Gunakan Facebook untuk Pelajari Wanita

Kompas.com - 31/05/2016, 12:55 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.COM -- Jika Anda ingin tahu kepribadian seseorang, lihat saja Facebook, ujar peneliti di abad-21. Terdengar aneh, namun hal inilah yang dilakukan oleh sekelompok peneliti yang baru saja mempublikasikan studi mereka di jurnal Plos One.

Dalam studi yang berjudul “Women Are Warmer But No Less Assertive Than Men: Gender And Language On Facebook”, para peneliti mempelajari 10 juta unggahan oleh 65.000 pengguna di media sosial populer ini.

Mereka menemukan bahwa wanita menggunakan kata-kata yang lebih hangat daripada pria yang lebih sering menggunakan umpatan, marah, dan berargumen di Facebook.

Lalu, mereka juga menyimpulkan bahwa kalimat yang digunakan wanita seringkali menunjukan kasih sayang dan kesopanan, sementara pria seringkali bersikap seperti musuh dan menggunakan kalimat yang non-personal.

Melihat dari segi topik, wanita sering menggunakan kata “luar biasa”, “bahagia”, “ulang tahun”, “gembira” dan “berterimakasih”. Wanita juga lebih sering berbicara mengenai keluarga dan kehidupan sosial.

Pria, di lain sisi, sering mengucapkan “kebebasan”, “kemerdekaan”, “menang”, “kalah”, “pertarungan” dan “musuh”. Topik mereka antara lain adalah politik, olahraga dan video game.

Namun, yang lebih menarik adalah ternyata, wanita lebih sering bersikap tegas di Facebook daripada pria, tulis peneliti.

Jadi, kita bisa mengatakan bahwa walaupun wanita lebih hangat dan ramah, mereka juga lebih tegas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com