Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang yang Populer dan Sibuk Kerja, Betah Pacaran Jarak Jauh

Kompas.com - 31/05/2016, 19:02 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com - Sebuah hubungan tentunya memilki nilai-nilai ideal yang berbeda. Ada yang lebih suka selalu saling berdekatan dan ada yang tetap merasa nyaman meski saling berjauh-jauhan.

Gaya hubungan jarak jauh atau populer dengan istilah long distance relationship (LDR), makin marak terjadi dewasa ini.

Ternyata, gaya hubungan LDR ini banyak terjadi pada sejumlah besar pasangan di Indonesia.

Namun, apakah LDR ini membuat hubungan harmonis dan langgeng?

Nana Gerhana, M.Psi., Psikolog, memberikan penjelasan kepada Kompas.com melalui pesan singkat, mengenai beberapa alasan mengapa pasangan atau individu menyukai dan nyaman menjalani hubungan LDR ini.

Berikut uraian yang dipaparkan oleh psikolog yang akrab disapa Nana ini:

Sibuk dengan pekerjaan

Biasanya, orang yang sibuk dengan pekerjaannya lebih nyaman untuk menjalankan hubungan LDR. Sebab, dia tak kuatir untuk membagi waktu bersama pasangannya, sehingga waktu bersama pasangan memang ketika dirinya bertemu dengan pasangan.

Hubungan jarak jauh menjadi nyaman untuk mereka yang supersibuk karena mereka memiliki kekhawatiran tidak bisa membahagiakan pasangan.

Tipe family man atau woman

Orang yang tipe penyayang keluarga biasanya lebih senang menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman terdekatnya daripada dengan pacar. Untuk itu, mereka lebih nyaman untuk LDR karena tidak perlu waktu untuk sering bertemu.

Tipe orang populer

Tipe yang seperti ini adalah orang yang dunia sosialnya sangat luas, sehingga jika orang ini memiliki pasangan yang dekat, maka dia akan merasa bahwa pasangannya menjadi pembatas akan dunia tersebut.

Pria atau wanita mandiri

Biasanya orang yang memiliki tipe seperti ini senangnya memiliki kebebasan, tidak mau banyak diatur, tetapi mereka tetap ingin jalani hubungan dengan alasan cinta.

Sebab, ini merupakan salah satu yang terpenting dalam hidupnya. Oleh karena itu, orang dengan tipe demikian nyaman ketika menjalani LDR.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com