Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Sebab Anda Tidak Mendapat Promosi Pekerjaan

Kompas.com - 02/06/2016, 16:35 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.COM -- Anda sudah bekerja dengan giat dan cemerlang di perusahaan. Namun, Anda masih belum mendapat kenaikan gaji maupun pangkat. Apa yang salah?

Berikut adalah 6 hal yang bisa membuat karier Anda terhambat:

Anda tidak meminta

Berdasarkan analisis yang dipublikasikan dalam Harvard Business Review, satu dari lima wanita takut untuk meminta kenaikan karena tidak berani menghadapi penolakan. Bila Anda termasuk dalam grup ini, melakukan persiapan seperti mengetahui kelebihan Anda dan berlatih dengan teman dapat membuat Anda lebih percaya diri untuk meminta promosi.

Anda tidak berkomunikasi secara langsung

Bila atasan Anda lebih suka dihubungi melalui SMS, Whatsapp dan media sosial; hal ini dapat menyulitkan Anda dalam membangun koneksi yang personal. Masuklah ke ruang atasan atau gunakan Skype untuk berdiskusi mengenai proyek atau perkerjaan Anda. Sebab, diskusi mengenai perkembangan karier Anda lebih baik dilakukan sambil bertatap muka.

Anda berteman dengan orang yang salah

Hampir 20 persen dari karyawan yang disurvei oleh LinkedIn mengatakan bahwa hubungan dengan rekan membuat mereka lebih kompetitif. Pastikan bahwa Anda berteman tidak hanya dengan orang-orang yang Anda tahu tapi juga mereka yang berada di departemen lain.

Penny Locey, Wakil Presiden dan Career Development Specialist dari Keystone Associate mengatakan, “Di sinilah Anda meningkatkan keberadaan Anda dan mendapat informasi mengenai apa yang terjadi di perusahaan. Semakin tinggi pangkat Anda, salah satu keunggulan yang dicari adalah kemampuan untuk berkolaborasi dan menjaga hubungan dengan orang-orang yang berbeda.”

Anda tidak memenuhi syarat lisan

Walaupun Anda selalu memenuhi target, peran pemimpin seringkali membutuhkan kemampuan lain seperti komunikasi, kolaborasi dan presentasi. Walaupun kemampuan ini tidak disebutkan dalam deskripsi pekerjaan Anda, tiga dari empat pemberi kerja yang disurvei oleh Career Builder mengatakan bahwa soft skill juga sama pentingnya dengan hard skill. Temukan atasan yang ingin Anda tiru dan pelajari mereka.

Anda menerima kritikan secara personal

Bila atasan memberi Anda kritik, jangan marah dulu. Kritikan bisa menjadi petunjuk untuk memperbaiki diri dan memanjat tangga karier. Pakar karier Vicky Salemi menyarankan Anda untuk menulis apa yang atasan Anda katakan untuk dibaca kembali ketika emosi Anda sudah reda. Dari sana Anda akan dapat membuat rencana untuk kedepannya.

Anda berada di perusahaan yang salah

Kadangkala tidak mendapat promosi yang Anda inginkan bukan salah Anda. Bila perusahaan sedang mengalami masa yang sulit, kesempatan Anda juga menjadi semakin kecil.

Nicole Williams, pendiri dan CEO dari firma konsultan karier Works, mengusulkan agar Anda tidak berhenti melamar di tempat lain walaupun masih bekerja. “Dengan terus melakukan wawancara, Anda dapat mengetahui kesempatan Anda di luar sana. Dengan begitu, Anda bisa menjadi percaya diri ketika kesempatan hadir, baik di perusahaan Anda atau di luar,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com