Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Natalie Portman Iran" Dikecam karena Tato Feminisme

Kompas.com - 02/06/2016, 18:47 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber The Cut

 

KOMPAS.com — Taraneh Alidoosti dikenal sebagai "Natalie Portman Iran" berkat kecantikan dan kemampuannya dalam berakting. Namun, aktris tenar berusia 32 tahun ini baru saja mendapat kecaman keras dari negaranya sendiri karena tato.

Ketika menghadiri jumpa pers untuk film-nya, The Salesman, yang memenangi dua penghargaan di festival film Cannes, pers tidak sengaja memotret tato Alidoosti.

Tato bergambar tangan terkepal dan simbol Venus tersebut terlihat di bawah lengan baju kirinya ketika Alidoosti hendak mengambil mikrofon.

Berdasarkan laporan dari Human Rights Watch, Iran adalah salah satu negara di dunia dengan diskriminasi tertinggi terhadap wanita, mulai dari pernikahan, perceraian, hak asuh anak, hingga menonton pertandingan olahraga di stadion.

Bahkan, berbicara mengenai hak asasi wanita bisa berujung penjara.

Oleh karena itulah, tato Alidoosti membuat kehebohan di media sosial. Mereka mempertanyakan jika aktris tersebut seorang feminist (penganut feminisme), kata yang dipandang negatif di Iran.

Menanggapi hal ini, Alidoosti mengunggah makna dari tato tersebut di Twitter dan mengonfirmasi bahwa dia seorang feminist.

Dia melanjutkan, "feminisme bukan berarti anti-pria atau anti-keluarga. Feminisme berarti semua manusia, di samping jender-nya, memiliki hak individualitas dan menurut hal tersebut, memilih kehidupan yang diinginkan."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com