Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/06/2016, 20:25 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.COM -- Apakah Anda sering merasa canggung ketika bertemu orang baru? Melontarkan pengetahuan Anda yang menarik atau lucu, misalnya sejarah vibrator, bisa mencairkan suasana.

Sebuah akun Youtube bernama Super Deluxe baru saja mengunggah video mengenai sejarah vibrator. Ternyata, vibrator tidak selalu diciptakan untuk memuaskan wanita secara seksual.

Dimulai jauh sebelum yang Anda kira, vibrator pertama diciptakan oleh Cleopatra di tahun 54 sebelum Masehi.

Firaun Mesir yang terkenal akan kecantikannya ini mengisi kundur kosong dengan segerombol lebah yang marah. Lebah-lebah yang berusaha untuk berontak ini menggetarkan kundur tersebut dan Anda tahu apa yang terjadi kemudian.

Kemudian di tahun 200 setelah Masehi, munculah sebuah kondisi yang disebut “Histeri Wanita”, di mana wanita menjadi lebih mudah marah dan berperilaku kurang baik. Kondisi ini hanya dapat disembuhkan oleh dokter melalui pijat kelamin.

Namun, para dokter pun mengeluh karena prosedur ini “terlalu berat dan berantakan”. Sebab inilah, vibrator diciptakan.

Diciptakan pada tahun 1890, alat ini cukup sederhana dan digerakkan secara manual dengan memutar tungkasnya. Diberi nama “The Hand Crank”, alat ini juga dikenal sebagai “pengalir darah” karena manfaatnya untuk menyembuhkan segalanya, mulai dari tuberculosis, mood yang kurang baik, hingga kulit keriput.

Perkembangan terus berlangsung hingga di tahun 1920, ketika vibrator muncul di film porno. Sejak saat itu, vibrator lebih dikenal sebagai alat personal daripada alat medis. Mereka mulai muncul di pasaran sebagai alat yang dapat digunakan untuk kesehatan, kecantikan dan kulit.

Tahun 1960-an adalah momen yang spesial dalam sejarah vibrator, karena pada tahun inilah vibrator paling populer sepanjang masa, Hitachi The Magic Wand, diciptakan. Berkat kekuatannya yang luar biasa, Hitachi The Magic Wand bahkan mendapat julukan “Cadillac-nya Vibrator”.

Siapa sangka bahwa alat yang awalnya digunakan untuk keperluan medis ini menjadi industri besar di abad-21. Menurut laporan dari produsen permainan seks Adam & Eve, orang Amerika menghabiskan 15 miliar dolar Amerika untuk membeli permainan seks setiap tahunnya.

Dengan menonton video dari Super Deluxe, Anda tidak hanya mendapat pengetahuan baru tapi juga bahan pembicaraan untuk mencairkan suasana. Tentunya, bila Anda berada dalam grup yang tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com