Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Uang Terhadap Kehidupan Seksual Wanita Berusia Lanjut

Kompas.com - 04/06/2016, 20:08 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

 

KOMPAS.COM -- Apakah Anda wanita yang independen dan berencana untuk tetap berkarya di usia lanjut sekalipun? Kalau ya, ada kabar baik untuk Anda dari Kanada.

Sebuah studi yang dipimpin oleh seorang calon doktor di McGill University menemukan bahwa wanita dengan edukasi tinggi dan penghasilan yang lumayan juga memiliki kehidupan seksual yang memuaskan.

Studi tersebut menganalisa data 3.300 pria dan wanita berusia 55-85 tahun yang didapat dari National Social Life, Health and Aging Project di Amerika Serikat dan mencari korelasi informasi diri, dorongan seksual dan kepuasan seksual.

Ternyata, wanita dengan penghasilan yang lebih tinggi tidak hanya melaporkan kepuasan seksual yang lebih baik, tapi juga dorongan seksual yang lebih tinggi.

Xiaoyu Gong yang lebih sering disapa Annie, penulis utama riset ini, berkata dalam presentasinya di Congress 2016 bahwa edukasi dan uang memberikan wanita semacam kekuatan tersendiri.

“Memiliki edukasi yang lebih tinggi mungkin memberi mereka lebih banyak kekuatan dalam hubungan, memperbolehkan mereka meminta apa yang mereka mau dan, oleh karena itu, mereka memiliki kepuasan yang lebih tinggi,” ujarnya.

Lalu, walaupun pasangan yang sudah menikah menunjukkan lebih banyak kepuasan seksual, uang dan edukasi membuat semua wanita, baik lajang maupun sudah menikah, menjadi lebih bahagia di kamar.

Menariknya, edukasi dan uang rupanya tidak berpengaruh terhadap kehidupan seksual pria. Kepuasan mereka lebih terikat dengan kesehatan dan seberapa sering mereka berhubungan seks. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com