Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Ungkap, Bekerja sembari Berdiri Jauh Lebih Produktif

Kompas.com - 07/06/2016, 06:20 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

Sumber askmen

KOMPAS.com – Sebuah studi di A&M, Texas, AS, merangkum fakta baru yang mengatakan bahwa bekerja sembari berdiri, ampuh dalam meningkatkan produktivitas karyawan.

Kerja sembari berdiri menggunakan meja yang mudah diatur, menurut studi, mujarab dalam membakar kalori dan menyehatkan karyawan. Stamina yang baik tersebut, otomatis membuat produktivitas melaju pesat.

Penelitian ini mempelajari sejumlah karyawan pada divisi call centre. Para responden diberikan pilihan untuk bekerja sembari berdiri atau duduk di depan meja.

Mereka yang memilih beri diberikan sebuah meja yang bisa diatur sesuai tinggi tubuh masing-masing responden.

Hasilnya, sebanyak 46 persen karyawan yang menunjukkan produktivitas paling tinggi adalah mereka yang bekerja sembari berdiri.

Selain itu, target menerima telpon para responden juga memperlihatkan peningkatan per jam.

“Riset ini merupakan terobosan dalam mengukur produktivitas karyawan kantoran. Kami meneliti mereka yang bekerja sebagai call centre yang memang memiliki tekanan memenuhi target dan produktivitas,” jelas Mark Benden, salah satu penulis sutdi yang tayang di Science Bulletin.

Penemuan baru ini, kata Benden, menginspirasi untuk mencari cara unik lainnya dalam mendorong produktivitas karyawan terkait dengan gaya bekerja.

Selain itu, Benden menambahkan, sebanyak 75 persen karyawan yang bekerja sembari berdiri melaporkan bahwa keluhan rasa lelah serta pegal pada tubuh sangat berkurang selama enam bulan menjalani eksperimen studi.

Hasil studi telah dipublikasikan dalam jurnal IIE Transactions on Occupational Ergonomics and Human Factors.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber askmen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com