Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bingung Tas Asli atau Palsu? Ini Tip Profesionalnya

Kompas.com - 09/06/2016, 06:11 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.COM -- Dengan maraknya tas palsu yang beredar di pasaran, banyak wanita yang mengalami kesulitan ketika ingin membeli tas mewah. Terutama bila tas tersebut ditawarkan dengan harga menggiurkan.

Ditemui di kantor Hunt Street, Jakarta, Jumat (3/6/2016); Justine Widjojo selaku Chief Operating Officer dan Mario Bachtiar selaku Creative Director Hunt Street membagikan tip profesional untuk mengenali tas palsu.

Hunt Street sendiri merupakan tujuan utama untuk mencari barang preloved yang bermerek di Indonesia. Setiap harinya, kedua orang ini diharuskan untuk mengamati banyak tas yang masuk untuk dijual kembali.

Menurut Mario, kunci untuk membedakan tas asli dari yang palsu adalah melakukan penelitian sebelumnya. Sebab, perancang barang mewah biasanya sangat memperhatikan detail dari produk mereka.

Lalu, Justine menjelaskan bahwa “semuanya tergantung dari model dan brand. Soalnya, setiap model dan brand itu memiliki perbedaan yang sengaja diciptakan untuk membuktikan keasliannya.”

Dia melanjutkan “tapi secara umum, perancang tas mewah biasanya sangat teliti dengan kualitas barangnya. Sebagai contoh, kamu tidak akan melihat kesalahan pada jahitan. Sedikit cacat saja bisa menjadi indikasi bahwa barang tersebut palsu.”

Selain keterampilan, perhatikan juga materinya. Menurut Justine, “materi sangatlah krusial. Pembuat tas mewah memilih materi terbaik. Jadi kita bisa melihat apakah itu materi yang bagus dan apakah materi itu benar digunakan oleh perancang tersebut.”

Mario juga membagikan tip lebih lanjut, yaitu mengenali penjualnya. “Tentu kalau kamu beli di Hunt Street itu sudah pasti authentic. Kita udah dikenal untuk authenticity kita,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com