Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini, Perceraian Juga Jadi Alasan Menggalang Dana

Kompas.com - 10/06/2016, 08:37 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com — Pada era modern ini, crowdfunding atau menggalang dana menjadi wadah esensial bagi banyak proyek inovatif dan kegiatan sosial untuk mengumpulkan dana, menilai ketertarikan publik, dan mengiklankan produk mereka.

Namun, dengan merambahnya crowdfunding ke bidang pernikahan dan bulan madu, tidaklah lama hingga perceraian pun menjadi alasan untuk menggalang dana.

Diciptakan oleh Sara dan Josh Margualis yang menciptakan Honeyfund, Plumfund, sebuah wadah untuk menggalang dana secara online, baru saja menambahkan bagian perceraian dalam situs mereka.

Mereka menyadari bahwa perceraian menghabiskan banyak biaya dan fakta ini menyebabkan banyak pria dan wanita mengurungkan keinginan mereka untuk bercerai.

Menurut situs ini, Anda dapat menggalang dana untuk perceraian Anda sendiri atau orang yang Anda kenal secara umum maupun secara spesifik (biaya pengacara, terapi psikolog untuk anak-anak, dan lain-lain).

Ide untuk membuat crowdfunding khusus perceraian ini datang dari Ariana Huffington, pendiri Huffington Post, saat pasangan Margualis muncul di acara Beyond the Tank.

Sara mengatakan, "Karena pengalamanku sendiri, aku suka ide tersebut. Aku punya seorang teman yang melalui perceraian yang sangat panjang dan aku menciptakan Plumfund untuknya di mana teman dan keluarga dapat menawarkan dukungan finansial. Teman tersebut sangat berterima kasih."

Bagi Margualis, tab perceraian dalam Plumfund adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang sedang melalui perceraian dan kini, teman dan keluarga "akhirnya memiliki jalan untuk membantu".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com