Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Cantik untuk Wanita Muslim di Bulan Ramadhan

Kompas.com - 11/06/2016, 04:05 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

Sumber Simply Her

KOMPAS.com -- Ketika Anda mencari apa saja kebutuhan untuk kulit tentunya sangat menantang. Sebab, masalah kulit juga menjadi perhatian utama bagi wanita. Semakin bertambahnya usia, semakin banyak masalah-masalah kulit yang akan Anda alami.

Namun ada beberapa pedoman perawatan kulit yang sederhana untuk usia 20 hingga 30 tahun.

Minum banyak air dan makan dengan baik

Ketika ingin mendapatkan kulit yang sehat, tidak berjerawat dan kusam, setidaknya Anda harus menkonsumsi delapan gelas air dalam sehari, jangan lupa juga untuk menkonsumsi buah dan sayuran. Hindari makanan olahan dan yang mengandung banyak gula.

Selalu memakai SPF

SPF atau tabir surya sangat penting untuk mencegah penuaan dini akibat sinar matahari. Selain itu, benda ini juga dapat melawan bintik hitam dan melindungi Anda dari kanker kulit. Selain itu, kerusakan yang disebabkan oleh matahari dapat mempercepat hilangnya kolagen di kulit. Sebaiknya Anda rajin menggunakan SPF sejak usia muda.

Lakukan eksfoliasi secara teratur

Pori-pori kita tersumbat akibat polusi, kotoran, sebum, bahkan kotoran dari ponsel. Pori-pori yang tersumbat ini merupakan lahan berkembangnya jerawat dan akan meninggalkan bekas jika tidak ditangani dengan baik.

Kita perlu melakukan eksfoliasi secara teratur untuk menghilangkan sel kulit mati dan mencegah kulit kusam. Eksfoliasi dapat dilakukan sekali atau dua kali dalam seminggu di usia 20 tahunan.

Pastikan tidak melakukan eksfoliasi yang berlebihan karena bisa berakhir dengan kulit terlalu sensitif atau iritasi.

Gunakan perawatan kulit yang sederhana

Cari tahu perawatan kulit mana yang bekerja bagi Anda. Ketika Anda berumur 20 tahun, tidak usah memakai perawatan yang terlalu berat. Anda cukup gunakan pelembab pada malam hari, kemudian krim mata, serum yang memperbaiki tekstur wajah, dan menggunakan masker sesekali waktu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com