Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangtua, ini Cara Ajari Anak Tentang Hubungan Seksual yang Didasari Suka Sama Suka

Kompas.com - 11/06/2016, 20:04 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

 

KOMPAS.COM -- Hubungan seksual seharusnya didasari oleh perasaan suka sama suka. Kasus Brock Turner dan berbagai pemerkosaan lainnya dengan alasan suka sama suka membuat banyak orang bingung arti dari hubungan seksual yang didasari suka sama suka.

Tahun lalu, Blue Seat Studios membuat sebuah video berjudul “Persetujuan Teh” untuk menjelaskan konsep hubungan seksual yang didasari suka sama suka dengan menggunakan analogi teh.

Menurut Blue Seat Studios, mengajak seseorang untuk berhubungan seksual sama dengan menawarkan segelas teh. Bila orang yang diajak berkata, “ya, aku ingin minum teh,” maka hubungan seksual tersebut didasari suka sama suka.

Namun, bila orang tersebut bilang mau tapi berubah pikiran setelah Anda selesai memasak air, memaksa mereka untuk minum teh berarti pemerkosaan.

Kemudian, jika orang tersebut tidak sadar, jangan beri mereka teh, karena orang yang tidak sadar tidak bisa menjawab pertanyaan Anda.

Video ini menunjukan lebih banyak skenario, termasuk bila orang tersebut setuju untuk minum teh minggu lalu, maka janganlah Anda berasumsi bahwa orang tersebut akan minum teh hari ini, besok maupun lusa tanpa bertanya lebih dahulu.

Dalam waktu 3 menit, Blue Seat Studio dengan mudah mengajari penonton mereka mengenai hubungan seksual yang didasari suka sama suka.

Melalui video ini, orangtua bisa mengajari putra dan putri mereka - ya, putri, karena wanita pun bisa melakukan pelecehan seksual - mengenai hubungan seksual yang didasari suka sama suka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com