Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Perawatan Wajah yang Tepat untuk Wanita Berkulit Gelap?

Kompas.com - 13/06/2016, 09:35 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

 

KOMPAS.com – Cantik tidak melulu soal warna kulit yang putih dan cerah. Sebab, cantik juga milik Anda yang terlahir dengan warna kulit sawo matang dan gelap.

Sebab, kecantikan tak berkaitan dengan warna kulit Anda, melainkan berdasarkan kualitas kulit yang terawat dengan baik.

Lalu, bagaimana sih cara paling tepat untuk merawat kulit berwarna gelap agar terlihat bersih, sehat, dan memesona.

Menurut Dr Blossom Kochhar dari India yang merupakan seorang Cosmeotologist langganan selebriti mengatakan bahwa kunci penting perawatan wajah berkulit gelap adalah disiplin dan rutin.

“Kulit memiliki fungsi penting dalam kehidupan manusia, tetapi banyak dari kita yang tidak merawatnya dengan baik,” ujar Dr Kocchar.

Dr Kochhar mengingatkan bahwa perawatan kulit paling tepat dimulai dengan membersihkan, menyegarkan, melembabkan, dan perlindungan dari sinar menggunakan krim tabir surya.

Salah satu dilemma wanita berkulit gelap dalam menggunakan pelembab atau mengaplikasikan minyak khusus wajah adalah perawatan itu membuat kulit semakin gelap.

Namun, Dr Kocchar mematahkan mitos tersebut. Dia mengatakan bahwa minyak wajah dan pelembab tidak membuat warna kulit semakin gelap.

“Pengaplikasikan pelembab adalah wajib untuk semua jenis kulit. Tidak peduli apa warna kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit yang kering, maka Anda harus merawatnya dengan losion yang tinggi pelembab. Lalu, jika Anda memiliki kulit berminyak, maka Anda harus merawatnya dengan pelembab bebas minyak,” urainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com