Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Efektif untuk Cegah Flek Hitam pada Wajah

Kompas.com - 14/06/2016, 14:13 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com -- Salah satu permasalahan kulit yang dirasakan oleh wanita adalah timbulnya flek hitam pada wajah. Bintik-bintik hitam ini sangatlah mengganggu saat melihat wajah pada cermin.

Namun, yang pertama harus Anda ketahui adalah penyebab utama timbulnya bintik hitam ini.

Banyak orang juga masih belum memahami penyebab timbulnya flek hitam pada wajah ini. Sebenarnya, menurut Audy Antawidjaja, pemilik Bamed Skin Care, flek hitam ini timbul akibat sinar ultraviolet (UV).

"Jika timbul flek hitam seperti ini, yang pertama [harus] dilakukan adalah untuk tidak membuat hitam-hitam tersebut menjadi lebih banyak lagi," ujar Audy saat ditemui dalam sebuah acara di Jakarta, Jumat (10/6/2016) lalu.

Audy menjelaskan pula bahwa pencegahan ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan tabir surya atau sunblock saat keluar rumah.

Penggunaan sunblock dilakukan 30 menit sebelum keluar dari rumah, dan minimal menggunakan sunblock dengan kandungan SPF 30.

"Walaupun sudah pakai foundation yang sudah ada SPF-nya, tetap saja sebelumnya harus menggunakan sunblock," jelas Audy.

Selanjutnya, Audy pun menyarankan bahwa dalam pencegahan flek hitam ini, Anda juga harus rajin mencuci muka, setidaknya tiga kali dalam satu hari. Kemudian, setelah mencuci muka, Anda harus menggunakan sunblock kembali ke wajah Anda.

Sebab, penggunaan sunblock hanya efektif untuk empat jam. Oleh karena itu, Anda harus rajin untuk mengenakan kembali sunblock ke wajah Anda.

"Ada pula jurnal yang mengatakan bahwa tidak masalah jika tidak mencuci muka, tapi sepertinya biar jaringan mati tidak menumpuk, lebih baik mencuci muka sebelum menggunakan sunblock," tutupnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com