Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/06/2016, 21:00 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.COM -- Seringkali ketika kita membicarakan keseteraan jender, wanitalah yang didorong untuk maju, mengangkat dagu dan lebih berani.

Namun, dalam Konferensi Wanita Amerika Serikat yang diadakan di Gedung Putih, Selasa (14/6/2016); Michelle Obama dan Oprah Winfrey mengangkat peran pria.

Diskusi tersebut diawali dengan Oprah mengutip pidato Barack Obama ketika sang presiden berkata pada para hadirin konferensi, “Rambutku mungkin lebih abu-abu daripada 8 tahun yang lalu, tetapi beginilah wajah seorang feminis.”

Bagi Michelle, pria harus menjadi lebih baik bila mereka ingin membantu wanita dalam mencapai kesetaraan jender. “Jadilah lebih baik dalam segalanya,” ujarnya.

Dia melanjutkan, “Jadilah ayah yang lebih baik. Menjadi ayah yang lebih baik, yang mencintai anak-anak perempuannya dan memberi contoh yang nyata mengenai apa arti dari menjadi pria yang baik, menunjukkan pada mereka bagaimana rasanya dicintai. Itu adalah hadiah terbaik yang kuterima dari para pria dalam hidupku.”

Tidak hanya menjadi ayah yang lebih baik, Michelle juga meminta para pria untuk menjadi suami dan atasan yang lebih baik.

Lalu, ibu negara Amerika Serikat ini juga mengatakan bahwa perjuangan kita untuk kesetaraan jender tidak akan pernah selesai.

“Dan untuk semua wanita muda di ruangan ini, semua pria muda, kita tidak akan pernah bisa berpuas diri. Karena kita bisa melihat akhir-akhir ini, betapa cepatnya sesuatu bisa diambil kembali bila kita tidak waspada, jika kita tidak tahu sejarah kita, jika kita tidak terus bekerja,” pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com