Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/06/2016, 06:16 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.COM -- Lain halnya dengan wanita, pria tidak memiliki terlalu banyak pilihan untuk potongan rambut. Keterbatasan informasi juga menjadi kendala dalam mengetahui perubahan gaya rambut pria.

Padahal, rambut juga mahkota yang berharga bagi pria. Lihat saja betapa banyaknya pria yang sedih dan kehilangan rasa percaya diri ketika dilanda kebotakan.

Tara Angley dari Hairroin Salon di Los Angeles dan Russell Cordeiro, penata rambut dan pengajar di Art + Autonomy Salon , New York City, membagikan panduan potongan rambut untuk pria berdasarkan bentuk wajah.

Segitiga

Dagu yang lancip dan tulang pipi yang lebar adalah ciri-ciri wajah segitiga. Angley merekomendasikan Anda untuk menambah volume rambut dengan layer bertekstur di bagian atas. Berikan juga sedikit volume di samping untuk menyeimbangkan wajah Anda.

Persegi

Apakah dagu Anda sama lebarnya dengan dahi Anda? Jika ya, maka Anda memiliki wajah berbentuk persegi yang sama dengan Brad Pitt. Untuk bentuk wajah ini, jaga potongan rambut Anda untuk tetap pendek dan rapi agar siku-siku wajah terlihat lebih halus.

Bulat

Salah satu jenis wajah yang paling umum. Wajah yang bulat akan tampak lebih tajam dengan rambut yang lebih panjang dan bervolume di atas. Minta penata rambut Anda untuk memberi potongan gaya undercut dan bila cukup berani, gunakan wax untuk membentuknya seperti faux hawk.

Persegi panjang, oval, dan lonjong.

Persegi Panjang

Wajah jenis ini perlu menghindari volume di bagian atas kepala yang membuatnya terlihat semakin panjang. Sebaiknya, pilih potongan rambut yang rata dan pendek. Lalu, bila Anda terbuka dengan usulan lain, Corderio menyarankan kumis atau jenggot.

Oval

Wajah ini berbentuk melingkar dan panjang dengan dahi yang sedikit lebih lebar daripada rahang. Dikenal sebagai wajah yang paling seimbang, Anda yang memiliki wajah ini sangat beruntung karena dapat mengenakan semua gaya potongan rambut.

Lonjong

Jika rahang Anda sama lebarnya dengan tulang pipi, dan secara keseluruhan wajah Anda lebih panjang daripada lebar, maka Anda memiliki wajah lonjong. Wajah Anda sangat sesuai dengan gaya potongan rambut klasik yang agak panjang di atas dan pendek di samping.

Hati dan wajik.

Hati

Wajah hati memiliki dahi dan tulang pipi yang lebar, serta dagu yang lancip. Rambut yang pendek di samping dan sedikit volume di atas akan membuat wajah ini tampak lebih seimbang. Dengan wax dan sisir, rapikan rambut Anda ke belakang untuk tampil lebih optimal.

Wajik

Karakteristik wajah yang berbentuk wajik adalah bagian pipi yang lebih lebar dibandingkan bagian lainnya. Untuk wajah wajik, Angley merekomendasikan gaya rambut ber-layer dengan panjang medium dan poni yang disisir ke samping. “Kuncinya adalah menarik panjang dari atas,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com