Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/06/2016, 10:25 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com – Ketika Anda memilih untuk berbisnis, sebaiknya pikirkan beberapa hal. Sebab, berbisnis bukanlah hal mudah, butuh usaha dan kerja keras yang harus dilakukan.

Martha Puri, pemilik Ideku Handmade, yang sudah menekuni usahanya selama tujuh tahun, mengakui bahwa pada dasarnya, dia memang sangat menyukai pekerjaan yang dilakukannya ini karena membuatnya bahagia.

Usahanya adalah membuat karya-karya yang dibuat oleh tangannya sendiri, baik itu gambar-gambar maupun beberapa hal yang berkaitan dengan jahit-menjahit.

“Yang paling penting ketika mau melakukan bisnis adalah harus cari yang benar-benar kita suka,” ujarnya kepada Kompas.com saat diwawancarai di acara Google Indonesia di Jakarta, Selasa (21/6/2016).

Sebab, apa yang Anda suka jadikan usaha harus sesuai dengan keahlian dan bidang Anda.

Jika bisnis yang dilakukan sudah sesuai dengan apa yang Anda suka, serta keahlian dan bidang Anda, maka kemungkinan besar, Anda akan bisa menghadapi rintangan apapun.

“Jadi bukan hanya ikut-ikutan tren aja, karena kalau hanya ikut tren, selesai tren tersebut, maka bisnisnya selesai juga,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com