Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/06/2016, 20:04 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com – Pulang ke kampung halaman memang menyenangkan. Namun, jika letaknya di daerah terpencil yang sulit dicapai, hal ini bisa menjadi masalah yang membuat Anda dan suami bertengkar sepanjang jalan.

Terutama, bila Anda pulang ke kampung halaman hanya setahun sekali, bisa jadi jalanan sudah berubah dan membuat Anda bingung. Lalu, karena lokasinya yang jauh dari perkotaan, ponsel Anda tidak mempunyai cukup sinyal untuk melihat peta di internet.

“Di sinilah fungsinya fitur 'Offline' dari Google Maps, untuk navigasi di jalan, apalagi jika nanti melalui wilayah-wilayah blank spot, atau tidak mendapat sinyal,” ujar Putri Silalahi, Head of Products Communication, Google Indonesia, di Jakarta, Selasa (21/6/2016).

Putri juga menjelaskan bahwa ketika Anda dan keluarga berlibur ke tempat-tempat terpencil atau tidak ingin menggunakan data internet, Anda masih bisa menggunakan Google Maps secara offline.

Caranya cukup mudah. Anda tinggal menyimpan aplikasi Google Maps. Kemudian, Anda cari daerah dan lokasi yang akan Anda sambangi. Setelah memilih lokasi, tinggal unduh, dan simpan.

Sekarang, tempat tersebut bisa Anda cari lagi di area "Offline" Google Maps. Anda pun bisa menggunakannya kapan saja, walaupun tidak mendapat sinyal atau kehabisan paket data internet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com